Jum'at, 26 April 2024  
Politik / KPU Riau Tak Ajukan Anggaran untuk Pilkada Serentak 2020
KPU Riau Tak Ajukan Anggaran untuk Pilkada Serentak 2020

Politik - - Senin, 17/06/2019 - 16:54:05 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Tahun 2020 mendatang ada 9 kabupaten dan kota di Riau yang akan ikut dalam Pilkada serentak. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau memastikan tidak mengajukan anggaran untuk perhelatan demokrasi rakyat tersebut.

Demikian dikatakan Ketua KPU Riau, Ilham Muhammad Yasir. Untuk pelaksanaannya tentunya masing-masing KPU kabupaten dan kota yang melaksanakan harus mengajukan anggaran untuk penyelenggaraan Pilkada Serentak.

Dikatakan, pihaknya sudah meminta kepada seluruh KPU di Kabupaten dan Kota untuk melakukan kordinasi dengan Pemkab dan Pemko setempat untuk membicarakan anggaran tersebut.

"Yang mengajukan KPU kabupaten/kota masing-masing ke pemkab/pemkonya. Tapi kita sudah minta sembilan kabupaten/kota itu untuk berkoordinasi dengan pemkab/pemko masing-masing," ujar Ilham Muhammad Yasir, Minggu (16/6/19).

Saat ini lanjut Ilham masing-masing KPU kabupaten dan kota masih membahas anggaran kebutuhan masing-masing dalam bentuk mentah belum dilaporkan ke Pemerintah daerahnya.

"Sekarang ini masih mentah data yang lagi digodok KPU Kabupaten/kota, mereka masih mengoret-oret kebutuhan anggaran untuk pilkada 2020," tutur Ilham Muhammad Yasir.

KPU Riau sendiri belum menerima data rincian kebutuhan anggaran pelaksanaan Pilkada serentak dari sembilan Kabupaten dan Kota yang melaksanakan tersebut.

"Data rinciannya masing-masing belum di berikan ke kami (KPU Riau), karena masih proses baru akan kelihatan nanti jika sudah boleh dibahas oleh pemkab dan DPRDnya masing-masing jelang APBD 2020 disahkan, "ujar Ilham.

Sebagaimana diketahui pelaksanaan Pilkada serentak pada September 2020 dan tahapan sudah mulai dilakukan jauh hari sebelumnya. Sehingga anggaran penyelenggaraan harus dianggarkan pada APBD murni 2020.

"Yang jelas harus masuk pada anggaran murni 2020,"jelasnya.

Sementara sebagai Kordinator dari seluruh KPU kabupaten dan kota di Riau, ternyata KPU Riau tidak ikut mengajukan anggaran untuk penyelenggaraan Pilkada serentak di sembilan kabupaten dan kota di Riau tersebut. "KPU Provinsi Riau tidak ikut mengajukan anggaran, "ujarnya.

Sebagaimana diketahui sembilan Kabupaten dan Kota yang akan melaksanakan Pilkada tersebut adalah Rohil, Rohul, Inhu, Kuansing, Siak, Pelalawan, Meranti, Bengkalis dan Dumai. (sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved