Senin, 18/11/2019  
Lahiran di RSUD Pasir Pangaraian Kini Dapat Akte Kelahiran Gratis

Advetorial Rokan Hulu - - Selasa, 02/08/2016 - 14:57:00 WIB

PASIR PANGARAIAN, situsriau.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Rokan Hulu (Rohul) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasir Pangaraian, meneken nota kesepahaman atau Memorendum of Understanding (MoU), Senin (1/8/2016). MoU itu untuk memudahkan pengurusan Akte Kelahiran Anak.

MoU diteken Kepala Disdukcapil Rohul, Irpan Rido bersama Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD Pasir Pangaraian, Muhammad Yakub, didampingi Kabag Humas RSUD Minarli, di kantor Disdukcapil Rohul.

Irpan Rido, mengatakan MoU tersebut untuk mempermudah pengurusan akte kelahiran bayi pasien yang dilahirkan di RSUD Pasir Pangaraian. Walaupun pengurusan akte kelahiran gratis, namun syarat dan ketentuan pengurusan akte kelahiran harus sesuai syarat berlaku, yakni Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) dan buku nikah kedua orang tua bayi dikeluarkan Pemkab Rohul.

"Sebenarnya untuk pengurusan akte kelahiran gratis sebelum adanya MoU ini. Hanya saja dengan adanya MoU yang kita lakukan maka kepengurusan akte kelahiran pihak RSUD nantinya yang akan mengurusnya," jelas Irpan Rido.

MoU dengan RSUD diakui Irpan secepatnya akan diterapkan. Namun demikian, Disdukcapil dan RSUD masih menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP), termasuk menunjukan petugas.

Plt Direktur RSUD Pasir Pangaraian, Muhammad Yakub, menyambut baik MoU mempermudah pengurusan akte kelahiran dengan Disdukcapil Rohul. 'Kami menyambut baik kerja sama ini. Artinya, akan mempermudah sekaligus membantu pasien dalam pengurusan akte lahir yang merupakan salah satu administrasi kependudukan yang harus dimiliki anak," tegasnya. (sr5, in)



Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved