Jum'at, 26 April 2024  
Pendidikan / Begini Respon Disdik Pekanbaru Soal Moratorium UN 2017
Begini Respon Disdik Pekanbaru Soal Moratorium UN 2017

Pendidikan - - Selasa, 29/11/2016 - 10:41:13 WIB

PEKANBARU, situsriau. com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru sedikit bermasalah hadapi rencana moratorium Ujian Nasional (UN) mulai 2017 mendatang. Pasalnya rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) itu akan tambah biaya pengeluaran bagi Disdik.

"Memang ada wacana tapi itu masih menunggu persetujuan presiden. Dan kalau pun itu jadi itu kan moratarium. Kita tahu dasar moratorium itu karena sekolah yang berstandar nasional baru 30 persen. Jadi tidak layak diadakan Ujian Nasional (UN)," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal di Pekanbaru, Senin (28/11/16).

Kemungkinan moratorium itu, kata Jamal selama dua tahun yaitu 2017 dan 2018. Tapi walau pun demikian, kata dia, Ujian Akhir Sekolah (UAS) tetap ada. Jadi, kalau UN dimoratorium, UAS SMA dan SMK nanti dikelola oleh provinsi.

"Kita tanggung jawab SD dan SMP. Soal ujiannya tetap standar nasional. Kalau memang dimoratariun tidak ada masalah karena UAS selama ini tetap ada," sebutnya.

Masalah soal ujian, kata dia, mungkin guru yang ada di bawah Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, diberi pengajaran bagaimana mengerjakan soal. Lanjutnya, timbul masalah nanti dalam hal penggandaan soal ujian, karena tidak dianggarkan di tahun 2017.

"Selama ini kita kan distribusi, nah sekarang tentu penggandaan soal itu aja masalah kita. Biasanya SMA dan SMK ditanggung oleh pusat, SMP dan SD ditanggung oleh provinsi. Sekarang beralih ke kota. SMA dan SMK ditanggung provinsi, kita malah tambah beban SMP dan SD lebih banyak. Masalah di sana aja," paparnya.(sr5, mc)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved