Minggu, 09 08 2020  
Lingkungan / Riau Zero Titik Api, Helikopter Bantuan KLHK Ditarik ke Jakarta
Riau Zero Titik Api, Helikopter Bantuan KLHK Ditarik ke Jakarta

Lingkungan - - Sabtu, 02/05/2020 - 20:32:07 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Satu helikopter bantuan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI untuk water boombing dan patroli kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Provinsi Riau sudah kembali ke Jakarta.  

"Alhamdulillah hari ini satu helikopter jenis Bell 412 bantuan dari KLHK kembali ke Jakarta," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, H Edwar Sanger, Sabtu (2/5/20). 

Dengan kembalinya helikopter bantuan KLHK tersebut, lanjut Edwar, saat ini di Provinsi Riau terdapat 4 helikopter water booming dan 2 helikopter patroli dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Dua Helikopter Bell 412 dan Bell 430 untuk patroli. Dan 3 helikopter Kamov tambah 1 helikopter MI 171 untuk water booming," terangnya. 

Lebih lanjut mantan Penjabat Walikota Pekanbaru ini menjelaskan, pertimbangan helikopter bantuan KLHK kembali karena helikopter bantuan BNPB sudah tiba di Pekanbaru. 

"Bantuan helikopter dari KLHK ini datang duluan saat terjadi Karhutla di Riau. Namun karena helikopter bantuan BNPB sudah datang, makanya KLHK tarik helikopter ke Jakarta," paparnya.  

Selain itu, sebut Edwar, alasan lain helikopter bantuan KLHK balik ke Jakarta dikarenakan saat ini kondisi Karhutla Riau masih terkendali.

"Apalagi saat ini titik api di Riau tidak ada (zero). Kemarin ada satu di Pulau Rupat, namun saat ini pendinginan," ucapnya. 

Karena itu, Edwar Sanger tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menteri LHK yang sudah memberi bantuan helikopter untuk penanganan Karhutla Riau. 

"Kami harap ke depan sinergi antara Riau dan KLHK tetap terjalin dengan baik dalam penanggulangan Karhutla di Riau, sehingga bumi Melayu ini bebas dari asap," tukasnya.(sr5, ck)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved