Minggu, 23 Juni 2024  
Kesehatan / Kadiskes Sebut 238 Puskesmas di Riau, Izinkan Dipecah Berdasarkan Luas Wilayah
Kadiskes Sebut 238 Puskesmas di Riau, Izinkan Dipecah Berdasarkan Luas Wilayah

Kesehatan - - Sabtu, 04/02/2023 - 23:14:45 WIB

PEKANBARU,situsriau.com — Kondisi geografis di Riau memungkinkan bagi Puskesmas untuk memecah diri agar bisa menjangkau pelayanan lebih luas kepada masyarakat. Saat ini, Riau sudah memiliki sebanyak 238 Puskesmas tersebar di seluruh kecamatan.


Data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau, saat ini terdapat 238 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Riau. Jumlah ini sudah tersebar di seluruh kecamatan.


Namun, dengan kondisi geografis Riau, sangat mungkin ratusan Puskesmas tersebut belum bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat di Riau dalam memberikan pelayanan kesehatan maksimal.


“Untuk satu Puskesmas per kecamatan sudah terpenuhi untuk saat ini. Hanya saja kita harapkan berdasarkan konsep geografis wilayah, kalau ada yang sangat luas sekali, silahkan untuk memecah diri. Kita juga menyadari ada kecamatan yang wilayahnya sangat luas,” kata Kadinkes Riau Zainal Arifin, Sabtu (4/2/2023).


Dia menyontohkan, seperti di Kabupaten Indragiri Hilir. Dengan kondisi geografis wilayah yang luas dan jumlah penduduk yang banyak, ada beberapa Puskesmas dipecah menjadi tiga.


Meski demikian, Zainal menegaskan untuk mengakomodir pelayanan kesehatan di tingkat kecamatan di Riau, saat ini rata-rata keberadaan Puskesmas sudah terpenuhi. Dengan demikian, rentang kendalinya sudah semakin mengecil.


“Untuk konsep pemecahan Puskesma kami sudah sampaikan ke masing-masing kabupaten kota,” imbuhnya. (mcr/mlb/nb)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved