Jum'at, 07 Mei 2021  
Iptek / Peneliti Temukan Planet yang Bisa Gantikan Bumi
Peneliti Temukan Planet yang Bisa Gantikan Bumi

Iptek - - Sabtu, 27/08/2016 - 10:28:49 WIB

WASHINGTON, situsriau.com - Peneliti menemukan planet bernama Proxima b yang bergerak di orbit Proxima Centauri berjarak 4,2 tahun cahaya dari sistem solar Bumi. Para Astronom mengklaim planet seukuran Bumi ini berpotensi untuk menopang kehidupan.

Proxima b ditemukan menggunakan perangkat dari European Southern Observatory (ESO) bernama La Silla High Accuracy Radial di Chili. Sebagaimana dilansir Space, Jumat (25/8/16), Proxima b terletak di zona yang dapat dihuni oleh manusia di orbit Proxima Centauri.

Meski begitu, para astronom sendiri tidak memberikan jaminan bahwa planet Proxima b benar-benar sanggup menopang kehidupan manusia di masa depan. Mereka masih belum mengetahui atmosfer dan elemen pembentuk dari planet tersebut.

"Dalam tata surya kita, planet berukuran kecil atau sebagian besar terbuat dari batu. Namun di tata surya lain, kita belum benar-benar mengetahuinya," kata Bruce Macintosh, Profesor Fisika di Universitas Standford.

Ia menambahkan bahwa keadaan Proxima b masih belum diketahui apakah akan seperti Bumi atau seperti Neptunus dengan atmosfer yang luas dan gas hidrogen, ataupun Jupiter yang merupakan kombinasi dari es dan air.

Faktor yang menjadi kemungkinan dapat dihuninya Proxima b ialah karena orbit Proxima Centauri merupakan bintang yang cukup aktif. Selain itu, jarak Proxima b dari bintangnya hanya sekira 5 persen jarak antara Bumi dengan matahari.

Dengan begitu, planet tersebut memiliki aliran X-ray sekira 100 kali lebih besar daripada aliran yang diterima Bumi dari matahari. Sementara itu, belum diketahui apakah Proxima b kemungkinan memiliki medan magnet seperti Bumi yang dapat melindungi dari level radiasi eksoplanet.

Jika planet Proxima b tidak memiliki atmosfer, maka suhu di sana akan menjadi lebih dingin dengan temperatur yang diperkirakan mencapai minus 40 derajat Fahrenheit. Namun jika sebaliknya, itu berarti planet tersebut memiliki sumber air di permukaannya yang menandakan bisa dihuni oleh manusia.(sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved