Jum'at, 26 Juli 2024  
Hukrim / Narkotika Ancaman Nyata Masa Depan Bangsa dan Negara
Narkotika Ancaman Nyata Masa Depan Bangsa dan Negara

Hukrim - - Selasa, 25/06/2024 - 18:27:57 WIB

PEKANBARU,situsriau.com - Mewakili Pj Gubernur Riau, Sekretaris Dinas Kesehatan Riau, Muhammad Wahyudi menghadiri Serasehan Indonesia Bersinar Bidang Rehabilitasi. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) di Hotel Premiere Pekanbaru, Selasa (25/6/2024).


Mengawali sambutan, Sekretaris Dinkes Provinsi Riau mengucapkan selamat memperingati Hari Anti Narkotika Internasional 2024. Ia menjelaskan bahwa peringatan tersebut dilaksanakan setiap tanggal 26 Juni.


"Tahun ini mengangkat tema Masyarakat Bergerak, Bersama Melawan Narkoba Mewujudkan Indonesia Bersinar (Bersih Narkoba)," kata Muhammad Wahyudi.


Ia menjelaskan, penyalahgunaan narkotika telah merusak seluruh lini masa depan bangsa dan negara, bahkan di seluruh dunia. Daya rusak yang dimaksud meliputi bio, sosial, ekonomi dan religi bahkan dapat menimbulkan kematian.


"Kejahatan narkotika digolongkan dalam kejahatan yang luar biasa bersifat lintas negara dan terorganisir sehingga menjadi ancaman nyata yang membutuhkan penanganan serius," imbuhnya.


Ia menyebutkan bahwa peringatan Hari Narkotika Internasional sebenarnya bukanlah sebagai bentuk memperingati hari ulang tahun berdirinya suatu lembaga narkotika. Tetapi merupakan hari peringatan oleh seluruh bangsa dan negara.


"Peringatan Hari Narkotika Internasional ini sebagai wujud keprihatinan untuk memberikan dukungan motivasi dan semangat kepada korban penyalahgunaan narkotika untuk dapat bangkit dan berfungsi sosial di masyarakat," ujarnya.


Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Riau ini pun memberi apresiasi kepada BNN Republik Indonesia, karena berdasarkan survei nasional penyalahgunaan narkotika tahun 2023 telah berhasil menekan laju angka valensi penyalahgunaan narkotika di Indonesia dari 1,95% di tahun 2021 menjadi 1,73% di tahun 2023.


"Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan, mengingatkan kita semua akan dampak dari narkotika dan juga sebagai bentuk keprihatinan kita terhadap permasalahan narkotika baik secara nasional terkhusus di provinsi Riau,"pungkasnya.


Sebagai informasi, Serasehan Indonesia Bersinar Bidang Rehabilitasi dibuka langsung oleh Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) Marthinus Hukom, turut Hadir Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, Perwakilan BNN kabupaten kota se-Riau serta tamu undangan lainnya. (nb)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved