Rabu, 27 Januari 2021  
Hukrim / Rutan Kelas I Pekanbaru Over Kapasitas Parah
Rutan Kelas I Pekanbaru Over Kapasitas Parah

Hukrim - - Jumat, 08/01/2021 - 11:47:52 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Terhitung hingga 8 Januari 2021, warga binaan yang berada di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Pekabaru mencapai 1.530 orang. Padahal kapasitas tempat warga binaan di Rutan tersebut hanya 561 orang.

Kepala Rutan Kelas I Pekanbaru Muhammad Lukman mengatakan, masih ada sekitar 381 orang warga binaan Rutan Kelas I Pekanbaru yang masih berada di Polres dan Polsek Pekanbaru.

"Isi hunian warga binaan di Rutan Kelas I Pekanbaru yang terdiri dari 720 orang tahanan dan narapaidana sebanyak 1.191 orang. Namun, masih ada 381 warga binaan yang berada di Polres dan Polsek yang kasus-nya belum inkrah. Jadi saat ini warga binaan yang ada di Rutan sebanyak 1.530 orang," ucap Lukman, Jumat (8/1/21).

Kata Lukman, warga binaan yang sekarang berada di Rutan Kelas I Pekanbaru mengalami overload dari kapasitas yang ada.

"Jadi memang sangat overload sekali. Kapasitas di sini hanya menampung 561 warga binaan, sedangkan yang berada di Rutan Kelas I Pekanbaru mencapai 1.530 orang warga binaan. Sedangkan petugas yang berada di Rutan hanya 109 orang," pungkasnya.

Selain itu, untuk memberantas peredaran narkotika di Rutan Kelas I Pekanbaru, Lukman membuat langkah-langkah progresif sebagai bentuk komitmen dalam mewujudkan Rutan Pekanbaru yang Zero Halinar (Handpone, Pungli, dan Narkotika).

Langkah-langkah yang dipersiapkan, di antaranya melakukan deteksi dini seperti wajib dilakukan penggeledahan kepada setiap petugas dan pihak-pihak berkepentingan yang memasuki Rutan, melakukan razia secara rutin dan insidentil, meningkatkan koordinasi dengan aparat terkait untuk bersama-sama memberantas narkotika.

"Kami juga memberikan penguatan secara terus menerus kepada petugas melalui rapat dan apel, melakukan sosialisasi kepada Warga Binaan Pemasyaratan (WBP) secara persuasif," lanjutnya, dikutip cakaplah.

"Saya berharap di tahun 2021 ini, Rutan Pekanbaru bebas dari Halinar. Mari bersama kita ciptakan Rutan Pekanbaru yang bebas Halinar, nyaman dan aman," tutupnya.(sr5, ck)-

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved