Jum'at, 26 Juli 2024  
Sport / Kadispora Lepas Dua Atlet Senam SOIna Riau Menuju Berlin
Kadispora Lepas Dua Atlet Senam SOIna Riau Menuju Berlin

Sport - - Kamis, 04/05/2023 - 10:59:38 WIB

PEKANBARU,situsriau.com - Gubernur Riau diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Riau, Bobby Rachmat melepas atlet, official dan pelatih Special Olympics Indonesia (SOIna) Provinsi Riau ke Pelatnas Semarang di Hotel Alpha Pekanbaru, Rabu (03/05/2023) malam. 


Pelepasan ini ditandai dengan pemasangan topi secara simbolis kepada dua atlet yaitu Khairani dan Nur Azizah dan satu pelatih Wa Ode Arni Tamara oleh Kadispora Riau Bobby Rachmat didampingi oleh Ketua SOIna Riau Novillia. 


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Sekolah Luar Biasa (SLB) Provinsi Riau, Asisten II Pemkab Inhil, pengurus SOIna, keluarga atlet dan tamu undangan lainnya.  


Untuk diketahui, Special Olympics merupakan organisasi internasional yang telah diakui oleh International Olympic Committee sebagai satu-satunya Olimpiade Olahraga Khusus bagi para penyandang disabilitas intelektual di dunia. 


Kadispora Riau Bobby Rachmat mengatakan, bahwa Pemerintah Provinsi Riau sangat mendukung pelaksanaan Special Olympics World Games (SOWG) yang akan diselenggarakan di Berlin, Jerman ini. 


"Atlet SOIna ini perwakilan dari negara Indonesia yang akan berlaga di Berlin Jerman tentunya ajang kompetisi ini melibatkan seluruh negara di dunia ini dan suatu kebanggaan bagi kita," kata Bobby Rachmat. 


"Atlet kita dari provinsi Riau ini bisa mewakili negara Indonesia yang kita berharap para atlet dapat menjaga kondisinya karena perjalanannya jauh ya dari Indonesia ke Jerman itu membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga akan menguras tenaga,"lanjutnya. 


Sebab menurutnya, waktu istirahat yang cukup ini akan sangat berpengaruh sekali bagi para atlet dengan kondisi waktunya akan berlaga nantinya di sana. 


"Kita berharap para pendamping yang nantinya juga ikut mendampingi mereka ke Jerman dapat memberikan bimbingan yang baik bagi mereka, sehingga nanti betul-betul bisa meraih hasil yang terbaik ya bagi mereka karena kita juga melihat dari hasil-hasil yang sebelumnya itu juga asli dari Riau ini bisa memberikan hasil ataupun juga medali kepada Indonesia," sebut Bobby Rachmat. 


Sementara itu, Ketua SOIna Riau, Novillia menjelaskan, bahwasanya SOIna Riau akan mengirim atlet special olympic mewakili Indonesia ke world games di Jerman itu ada 2 orang atlet dan 1 orang pelatih nasional. 


"Insya Allah nanti tanggal 7 Mei akan berangkat pelatnas di Semarang selama 1 bulan sampai dengan tanggal 9, seterusnya tanggal 10 Juni itu langsung menuju ke Berlin," 


"Di Berlin dari tanggal 10 sampai tanggal 27. Tanggal 28 itu kembali ke Jakarta mungkin tanggal 29 itu menunggu jadwal dari bapak presiden atau pak menteri selanjutnya pulang ke daerah. Dan mungkin nanti setelah sampai di Pekanbaru kita minta disambut kembali ke acara seperti ini," 


Oleh sebab itu, pihaknya berharap bisa disambut langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar saat para atlet dan pelatih senam SOIna Riau balik dari Jerman. 


"Mudah-mudahan nanti pak gubernur bisa untuk menyambut kita dan juga kami berharap kepada seluruh masyarakat Riau agar kiranya dapat mendoakan anak-anak kita ini yang anak-anak luar biasa khususnya cabor senam," pinta Novi. 


Pihaknya menjelaskan, persiapan para atlet ini sebetulnya yang menentukan atlet ini layak atau tidak berangkat mewakili Indonesia ini ada jenjangnya. 


"Jadi jenjangnya mereka latihan di daerah itu ada Porda, setelah Porda itu ada seleksi lagi latih tanding. Setelah latihan tanding anak-anak kita inilah yang diberangkatkan ke Jawa tengah itu sebanyak 179 atlet yang mana memperoleh medali 17 emas 13 perak dan 16 perunggu dan kita peringkat ketiga juara umumnya," tandasnya. (mcr/nb)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved