Kamis, 25 April 2024  
Ekeubis / Hadiri Festival Semarak Pelancongan Melaka, Gubri Harap Hubungan Kerjasama Semakin Erat
Hadiri Festival Semarak Pelancongan Melaka, Gubri Harap Hubungan Kerjasama Semakin Erat

Ekeubis - - Kamis, 09/06/2022 - 23:41:58 WIB

PEKANBARU,situsriau.com - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menghadiri kegiatan Festival Semarak Pelancongan Melaka dan berharap hubungan kerjasama antara Indonesia dan Malaysia semakin erat.

"Kami menyambut baik adanya kegiatan festival ini, semoga dengan festival ini bertambah erat hubungan kerjasama kita dan sekaligus bertambah hubungan pelancongan baik ke Melaka maupun ke Indonesia terutama Provinsi Riau," harap Gubri Syamsuar.

Ia juga menginginkan dengan adanya kegiatan festival semarak Pelancongan Melaka ini dapat menambah kunjungan pelancongan baik dari Riau ke Melaka begitu juga sebaliknya.

"Kami menyambut dengan senang hati adanya kegiatan ini dan berharap adanya penambahan kunjungan warga Riau ke Melaka begitu warga melaka ke Riau," ujar Syamsuar.

Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Ketua Menteri Melaka, Datuk Seri Utama Sulaiman yang turut menghadiri kegiatan Festival Semarak Pelancongan Melaka.

"Mudah-mudahan menambah eratnya persahabatan kita, karena kami juga beberapa minggu yang lalu berkunjung ke Malaysia termasuk Melaka bersama Kapolda, Dandrem dan Kepala BNN Provinsi Riau," ucapnya. 

Sebagaimana diketahui bersama, selama 2 tahun terakhir banyak terjadinya kendala karena adanya Covid-19 baik di Indonesia, Malaysia dan negara lainnya dilanda Covid-19. 

"Begitu drastis penurunan angka pelancongan yang ada di Indonesia khususnya di Provinsi Riau dan Kota Pekanbaru karena itu juga turun pajak dan ekonomi daerah," imbuhnya.

Gubri Syamsuar mengungkapkan, pada saat awal pandemi Covid-19 pusat belanja seperti mall, cafe dan sebagainya ditutup agar dapat meminimalisir angka kasus Covid-19.

"Begitu juga dengan mall SKA ini dulu diatur sistem bukanya dan tidak seperti sekarang ini. Jadi betul - betul kami bersama jajaran TNI Polri  ikut mengawal dan mengendalikan dalam rangka penanganan Covid-19 sekaligus juga bersama - sama bagaimana melakukan pemulihan ekonomi di daerah," ungkap Gubri Syamsuar.

Ia juga menyebutkan bahwa dalam beberapa waktu terakhir, angka Covid-19 di Provinsi Riau sudah di angka nol.

"Alhamdulillah kasus Covid-19 sudah nol  dan  dari hasil pemeriksaan sudah tidak ada yang terkonfirmasi positif. Bersyukur kepada allah dan mudah - mudahan ini pertanda tidak ada lagi Covid-19 baik di Indonesia, Malaysia dan belahan dunia lainnya," sebutnya.

Selain itu, ia menyatakan bahwa kegiatan kunjungan ini sangat dinanti untuk dapat meningkatkan kerjasama antara bangsa baik Indonesia maupun Malaysia.

"Begitu juga kami kemarin diterma oleh yang dipertua Negeri Melaka banyak hal yang kami bicarakan baik itu kerjasama ekonomi, kerjasama terkait kebutuhan dan kerjasama investasi yang diharapkan oleh kedua bangsa," ujar Syamsuar.

Sementara itu seusai, membuka secara resmi festival semarak pelancongan Negeri Melaka 2022, Ketua Menteri Melaka Datuk Seri Utama Sulaiman mengatakan, kegiatan ini merupakan satu permulaan yang positif untuk kebaikan industri pariwisata bagi kedua negara tetangga.

Sulaiman menyebutkan, industri pelancongan atau pariwisata merupakan penyumbang terbesar dalam Keluaran Dalam Negeri Kasar (KDNK) Melaka. Pada tahun 2020, sektor perkhidmatan telah menyumbang sebanyak 48 persen kepada KDNK Negeri Melaka dengan nilai output RM 20.940 bilion.

"Saya yakin dengan usaha yang terus digesa dan kerjasama yang lebih erat bersama Provinsi Riau, jumlah kehadiran pelancong ke negeri Melaka dan Provinsi Riau akan dapat ditingkatkan," ucap Sulaiman. (mcr/nb)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved