Kamis, 22 April 2021  
Ekeubis / Hampir 6 Tahun Perbaikan, Ramayana Pasar Pusat Kembali Dibuka
Pesta Diskon Jelnag Ramadan
Hampir 6 Tahun Perbaikan, Ramayana Pasar Pusat Kembali Dibuka

Ekeubis - - Kamis, 11/03/2021 - 20:37:00 WIB

PEKANBARU, situsriau.com- Pasca kebakaran hebat akhir 2015 lalu, Pusat Belanja Ramayana Pasar Pusat yang terletak dalam kawasan karamai Trade Center (STC) jalan Sudirman, kembali dibuka dan diresmikan oelh Walikota Pekanbaru, Firdaus MT,  Kamis (11/3/2021).

Usai peresmian, kepada warrawan Walikota mengatakan ada beberapa fasilitas yang harus disiapkan oleh pengelola STC. "Fasilitas-fasilitas penunjang ini juga terus digesa untuk penyelesaiannya. Misalkan parkir, juga peningkatan sarana dan prasarana pendukung lainnya dilanjutkan pembangunan," kata Firdaus.

Seperti gedung parkir, masih ada lantai yang masih berlubang. Kemudian, di atas kanopi pintu masuk gedung di Jalan Hos Cokroaminoto masih ada pengerjaan konstruksi.

"Selesaikan yang sudah ada. Kemudian parkir juga ditambah sarana pendukung. Agar pedagang grosir yang datang dari luar daerah dapat kita layani sehingga mereka mendapatkan Kenyamanan," tegas Walikota.

Walikota juga menyebut, peresmian STC ini sebagai bentuk pemulihan ekonomi. Untuk itu, Ia meminta pengembang segera menyelesaikan fisik gedung. "STC dibuka resmi hari ini sebagai rencana aksi pemulihan ekonomi nasional," jelasnya.

Ditanya soal keamanan gedung agar kejadian kebakaran beberapa tahun lalu tidak terulang, Walikota mengklaim pembangunan saat ini sudah lebih aman. Sebelum terbakar Desember 2015 lalu, Walikota menyebut tata kelola gedung semrawut.

"Ujian yang diberikan Allah kepada kita pada 2015 dengan segala dinamikanya. Kita bersama-sama berusaha bangkit lebih cerdas lagi," kata Walikota.

Sejak kebakaran di akhir 2015, Pemko Pekanbaru membantu pengelola STC, yakni PT Makmur Papan Pertama (MPP), membangun kembali. Kata dia, bangunan STC ini dibangun dengan konsep smart building.

"Kami bangun ulang bagaimana STC ini menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi para pedagang dan pengelola. Dari pusat perbelanjaan Sukaramai berubah menjadi pusat perdagangan," kata Walikota.

Kepala Cabang PT MPP Suryanto mengatakan, untuk 1.900 lebih toko di dalam gedung sudah selesai. Kata dia, toko ini belum dioperasikan semua karena belum terjual.

"Maka tadi pak wali membantu, agar masyarakat Pekanbaru dan masyarakat mana pun kalau bisa turut serta berinvestasi di STC. Karena selain menguntungkan juga menciptakan lapangan kerja," jelasnya.

Ia mengakui, untuk gedung parkir yang menjadi catatan Walikota belum seutuhnya selesai dibangun. Seperti atap gedung parkir itu, kata dia masih belum ada.

"Kita berharap 2021 ini sudah selesai. Kalau gedung parkir yang menyatu dengan gedung utama sudah selesai. Tinggal bikin atap saja itu. Palingan tidak sampai 5 persen yang belum kelar," pungkasnya. (sr3,ck)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved