Senin, 22 Juli 2024  
Ekeubis / Baru Dua Pekan, Penukaran Uang di Riau Capai Rp855 Miliar
Baru Dua Pekan, Penukaran Uang di Riau Capai Rp855 Miliar

Ekeubis - - Jumat, 24/06/2016 - 12:49:46 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Masyarakat Riau sangat antusias menukarkan uang baru untuk keperluan "salam tempel" di Lebaran nanti. Selama 2 pekan ini saja, Bank Indonesia Perwakilan Riau sudah mencatat Rp855 miliar penukaran uang.

Deputi Kepala Bank Indonesia Perwakilan Riau Irwan Mulawarman mengatakan penukaran uang baru masih didominasi oleh penarikan bank umum setempat.

"Kami mencatat transaksi penukaran uang sudah Rp855 miliar, rinciannya penarikan bank umum setempat Rp831 miliar, penukaran di tenda kantor Bank Indonesia Rp9,1 miliar, penukaran di Bank Perkreditan Rakyat se-Riau Rp7,3 miliar,"katanya kepada Bisnis, Kamis (23/6/16).

Selain transaksi itu, pihaknya juga mencatat transaksi di luar Pekanbaru yang digelar BI Riau di tiga tempat yaitu Dumai, Tembilahan, dan Pasir Pangaraian. Pada tiga lokasi ini, jumlah transaksi penukaran uang baru mencapai Rp8 miliar.

Irwan menilai penukaran dan penarikan uang bakal kian bertambah setelah proses pembayaran THR, dan gaji ke 13 PNS direalisasikan oleh perusahaan swasta dan pemda setempat.

Untuk kebutuhan penukaran ini, Bank Indonesia Perwakilan Riau sudah menyiapkan dana senilai Rp5,2 triliun.

"Dana tunai yang kami siapkan Rp5,2 triliun, lebih tinggi dari transaksi tahun lalu yang mencapai Rp4,2 triliun, kami perkirakan transaksinya bakal sama dengan tahun lalu atau bisa sampai Rp4,5 triliun,"katanya.

Adapun BI Riau saat ini memiliki dana cadangan hingga Rp7,5 triliun yang memang dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan dana daerah Riau dan sekitarnya. (sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved