Rabu, 20 Oktober 2021  
Perpendek Jarak Kendali,
Pemkab Kuansing Tempatkan Damkar di Tiga Rayon

Advetorial Kuantan Singingi - - Kamis, 02/09/2021 - 15:11:38 WIB

TELUKKUANTAN, situsriau.com- Guna memperpendek jarak kendali, Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau,  mendirikan tiga posko pemadam kebakaran (damkar) di tiga wilayah, yakni Kuantan Mudik, Kuantan Hilir dan Singingi.

Bupati Andi Putra bersama Pj Sekda Kuansing, Agusmandar melepas secara resmi tiga unit mobil damkar tersebut pada Kamis (2/9/2021) di kantor Satpol PP Kuansing.

"Dengan ditempatkannya mobil damkar ini di tiga wilayah ini,  tentu jarak kendali semakin dekat. Jika terjadi kebakaran di Cerenti, masyarakat tidak perlu menunggu damkar dari Telukkuantan, sudah ada di Baserah. Tentu kita berharap, penanganan bencana lebih cepat," ujar Bupati Andi Putra saat apel pelepasan.

Untuk wilayah Kuantan Hilir, meliputi Kecamatan Pangean, Logas Tanah Darat, Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Seberang, Inuman dan Cerenti, posko damkar di Baserah. Kemudian, untuk wilayah Kuantan Mudik meliputi Kecamatan Gunungtoar, Kuantan Mudik, Pucukrantau dan Hulu Kuantan, posko damkar di Lubukjambi.

Sedangkan wilayah Singingi meliputi Kecamatan Singingi dan Singingi Hilir, poskonya di Kotobaru.

Dikatakan Bupati Kuansing, pengalaman selama ini, jika ada kebakaran di Telukkuantan, mobil damkar pun terlambat. Apalagi yang berada di wilayah kecamatan yang jauh dari ibukota kabupaten.

"Namun ini bencana, tak bisa dielakkan. Kita harus lebih semangat, lebih mengedepankan kinerja sebagai petugas damkar," ujar Andi memberi motivasi petugas.

Andi mengingatkan agar petugas damkar siap siaga 24 jam. Ketika terjadi bencana kebakaran, harus segera ke lokasi. "Petugas harus sigap. Jangan sampai ada yang lalai. Kalau lalai, tidur-tiduran di posko, percuma saja. Kita harus berwas-was," tegas Andi.

Andi berharap, keberadaan damkar di wilayah bisa memberikan manfaat kepada masyarakat Kuansing, terutama dalam hal pelayanan pemadaman kebakaran.

"Kepada masyarakat, kita juga mengimbau tingkatkan kewaspadaan. Jangan karena damkar sudah dekat, lalu kita lalai. Tentunya, kita semua berharap, tidak ada bencana," ujar Andi Putra.

Senada dengan itu, Kasatpol PP Kuansing, Erdiansyah menyatakan ditempatkannya mobil damkar di kecamatan guna meningkatkan layanan kepada masyarakat.

"Mobil ini langsung ke kecamatan. Setiap posko, akan ada 15 personil," kata Erdiansyah.(ultra Sandi)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved