Minggu, 23 Juni 2024  
102 Desa di Siak Dapat Dana BKK, Pemkab Ucapkan Terima Kasih Kepada Gubri

Advetorial Siak - - Jumat, 13/10/2023 - 15:02:40 WIB
Gubri Syamsuar saat memberikan bana BKK secara simbolis
SIAK,situsriau.com - Dalam upaya mewujudkan percepatan pengentasan kemiskinan ekstrem dan penurunan angka stunting, Pemprov Riau terus melakukan pemberian dana BKK untuk desa. Saat ini, penyerahan telah dilakukan kepada 102 desa di Kabupaten Siak.


Dikatakan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Riau, Djoko Edy Imhar bahwa masih ada terdapat beberapa desa di Siak yang sedang memasuki tahapan proses penyaluran. Ia menambahkan, bantuan yang sama juga akan diserahkan untuk desa se-provinsi Riau.


“Hari ini ada 102 desa yang sudah kita salurkan bantuan keuangan khusus. Masih ada beberapa desa lagi yang diproses pencairannya dan ada ditahapan verifikasi. Jadi kita akan membagikan BKK ini keseluruh desa di Provinsi Riau,” katanya di Embung Terpadu Kampung Dayun, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Kamis (12/10/2023).


Edy menerangkan, dengan adanya dana BKK dapat memberikan manfaat yang optimal dalam mendukung pembangunan dan mendingkatkan perekonomian di desa. Tak hanya itu saja, bantuan tersebut juga dapat dipergunakan untuk menurunkan angka stunting.


“ Ya tentu dengan bantuan tersebut kita harapkan setiap desa ada peningkatannya. Dana ini bisa dipergunakan untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem, bisa digunakan penurunan angka stunting, dan peningkatan kapasitas kewirausahaan kepemudaan di desa,” terangnya.


Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Siak, Husni Merza mengapresiasi langkah dan sinergitas Pemprov Riau untuk menangani permasalahan yang ada di desa. Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Syamsuar yang telah menyalurkan bantuan keuangan khusus.


“Alhamdulillah selamat datang kepada Bapak Gubernur Riau. Kami atas nama pemerintah kabupaten Siak dan masyarakat, tentunya mengucapkan terima kasih kepada bapak Gubernur Syamsuar yang hadir secara langsung menyerahkan bantuan keuangan khusus kepada desa-desa yang ada di Kabupaten Siak. Mudah-mudahan kehadiran beliau ini membawa berkah bagi negeri Siak. InsyaAllah, Aamiin ya rabbal alamin,” ujarnya.


Dijelaskan Wabup, memang banyak manfaat yang bisa di pergunakan dari dana BKK. Seperti itu ada diantaranya untuk mengentaskan kemiskinan ekstrim, dan ada juga untuk penurunan stunting.


“ Saya berharap di maksimalkan betul penggunaannya supaya kemiskinan ekstrem yang ditarget pak Jokowi dan pak Gubernur di akhir 2024 itu sudah tuntas. Kami yakin dan percaya bagi desa-desa yang pergunakan dana ini sebaik-baiknya pasti kemiskinan ekstrem tersebut bisa teratasi. Kemudian juga untuk stunting dapat kita tangani,” jelasnya.


Dituturkan, bahwa kemiskinan ekstrem di Siak saat ini tidak sampai angka 1000 KK. Ia menambahkan, bahkan ada di suatu desa tersebut ia hanya melihat cuman satu atau dua KK saja keluarga miskin. Sehingga menurutnya, bantuan dari Pemprov tersebut dapat menuntaskan permasalahan.


“Jadi ini saya rasa bantuan dari provinsi tersebut bisa untuk menuntaskan masalah. Pemberdayaan ekonomi masyarakat terus kita dorong karena salah satu tujuannya adalah bagaimana perekonomian di desa ini bisa bergerak. Dengan bantuan dari provinsi ini kami dapat mengarahkan program-program ekonomi untuk desa, dan juga mengatasi permasalahan stunting," pungkasnya. (rls/nb


Di Riau, Pemkab Siak Dinilai Paling Tanggap Pelayanan Publik
Camat Siak Resmi Jadi Ketua Mabiran Pramuka Siak 2016 2021
Bupati Siak: Tahniah untuk Kuantan Singingi
Peringatan Hari Pahlawan 10 November Perkokoh Persatuan Membangun Negeri
Sekarang Pengurusan e-KTP Tidak Lagi Pakai Surat Pengantar
Gayung Bersambut, Pemkab Siak MoU dengan Bank Riau Kepri Soal Program Modal UMKM
ASN dan Guru di Siak Dituntut Bekerja Profesional
Mantab! Gerakan Masyarakat Siak Berzakat Tembus Angka Rp1,2 Miliar
Buka Porseni PGRI, Mendikbud Sampaikan Apresiasi Luar Biasa untuk Pemkab Siak
Wakil Bupati Alfedri Bupati PENTAS PAI Perdana di Siak
Luar Biasa! Siak Tetap Raih Opini WTP untuk ke 6 Kalinya
Asisten III Buka Sosialisasi Program Jaminan Sosial kepada Personal In Charger Kecamatan
Wisatawan dari Berbagai Daerah Serbu Istana Siak di Libur Natal & Tahun Baru
Pemkab Siak Beri Partisipasi dalam Gowes Pesona Nusantara di Pekanbaru
Bupati Siak Kembali Ajak Warganya Terapkan Magrib Mengaji
Pemkab Siak Berhasil Tingkatkan Populasi Ternak Sapi 3 Tahun Berturut-turut
Wabup: Sukseskan Bersama karena Menyangkut Marwah Siak
Pemkab Siak Berupaya Perda-kan Pemeliharaan Arsip Daerah
Bupati Siak Tetap Himbau Warga Shalat Ied di Rumah Saja
Dokter di Siak Diminta Bertugas Lebih Profesional
Pawai Takbir Idul Adha di Siak Bakal Diikuti 33 Peserta dari Seluruh Kecamatan
Wabup Siak Terima Langsung Anugerah Green City Award
Ditetapkan Jadi Kabupaten Hijau, Siak sudah Tanam 45 Ribu Pohon Baru
Ssst, Tenyata Bupati Siak Tak Pernah Ikut Panjat Pinang Lho!
Berpotensi Besar, Tapi Sektor Pajak di Tualang Belum Tergarap Maksimal
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved