Senin, 22 Juli 2024  
Bappeda Rohil Gelar Rakor Pelaksanaan Aksi Konvergensi Stunting

Advetorial Rokan Hilir - MARDISNA - Jumat, 08/03/2024 - 19:28:49 WIB
Kepala Bappeda Rohil Zuhri, melalui Nanang Dwi Cahyono membuka Rakor pelaksanaan aksi Konvergensi stunting Tahun 2024
ROHIL,situsriau.com - Dalam upaya pencegahan stunting, Bappeda Kabupaten Rohil menggelar Rakor pelaksanaan aksi Konvergensi stunting Tahun 2024, Kamis (7/3/2024) di Lantai 3, Aula Rapat Kantor Bappeda, Jalan Lintas Pesisir, Batu Enam, Bagansiapiapi, Rohil.

"Sebagai koordinator pelaksanaan pencegahan stunting, Bappeda Rohil hari ini menggelar Rakor pelaksanaan aksi konvergensi dengan seluruh perwakilan OPD yang ada sebagai aksi awal dalam pencegahan stunting. Seperti dari Dinkes sebagai leader, ada Dinsos sebagai penanganan kesejahteraan, ada Diskominfo sebagai penyebaran informasi, ada Dinas PMD karena pelaksanaan aksi konvergensi ini menyasar sampai ke pedesaan," kata Kepala Bappeda Rohil Zuhri, melalui Tenaga Muda Fungsional Bappeda Rohil, Nanang Dwi Cahyono saat ditemui setelah rapat.


Rakor pelaksanaan aksi konvergensi stunting ini dikatakan Nanang, pihak Bappeda Rohil mengundang seluruh perwakilan OPD untuk terlibat dalam pembahasan awal pencegahan stunting. Dimana masing-masing OPD memiliki peran dalam pencegahan stunting ini.


Kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkuat kapasitas kabupaten dalam Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan dan Pencegahan Stunting melalui interfensi spesifik dan sensitif dengan meningkatkan Koordinasi Lintas Sektor/Lintas Program dalam percepatan penurunan stunting di Kabupaten Rohil. Konvergensi Percepatan Pencegahan Stunting adalah intervensi yang dilakukan secara terkoordinir, terpadu dan bersama-sama.


“Ini dilakukan dengan mensasar kelompok sasaran prioritas yang tinggal di desa untuk mencegah stunting. Penyelenggaraan intevensi, baik gizi spesifik maupun gizi sensitif secara konvergen dilakukan dengan mengintegrasikan dan menyelaraskan berbagai sumber daya untuk mencapai tujuan pencegahan stunting," terang Nanang.


Nanang juga menyampaikan bahwa Rohil sudah berhasil menurunkan angka stunting kabupaten dimana pada tahun 2021 angka Stunting Rohil 29,7 % dan pada tahun 2022 turun menjadi 14,7 % serta Tahun 2023 kita Rohil sudah bisa menurunkan dari 15 %.


"Angka penurunan stunting berdasarkan target nasional tahun 2024 itu 14%, jadi kita masih kurang 0,7% lagi. Mudah-mudahan kita sudah dilakukan survei SKI kita belum dapat rilis, mudah-mudahan kita bisa menekan stunting di bawah 10%," ungkapnya.


Dikatakan Nanang, ada 8 tahapan aksi konvergensi percepatan pencegahan stunting dimana yang pertama melakukan identifikasi sebaran stunting, ketersediaan program, dan kendala dalam pelaksanaan integrasi intervensi gizi. Yang kedua menyusun rencana kegiatan untuk meningkatkan pelaksanaan intervensi gizi.


Kemudian, yang ketiga menyelenggarakan rembuk stunting tingkat kabupaten/kota. Dan keempat memberikan kepastian hukum bagi desa untuk menjalankan peran dan kewenangan desa dalam intervensi gizi terintegrasi.


Kemudian yang ke lima tersedianya dan berfungsinya kader yang membantu pemerintah desa dalam pelaksanaan intervensi gizi terintegrasi di tingkat desa. Keenam meningkatkan sistem pengelolaan data stunting dan cakupan intervensi di tingkat kabupaten/kota dan ke tujuh melakukan pengukuran pertumbuhan dan perkembangan anak balita dan publikasi angka stunting Kabupaten/Kota. Serta ke delapan melakukan review kinerja pelaksanaan program dan kegiatan terkait penurunan stunting selama satu tahun terakhir. (inf)


Pemkab Rohil Optimis Entaskan Kemiskinan Melalui Tiga Skala Prioritas
Kerjasama Dispenda Rohil - Bank Riau Kepri, Bayar PBB-P2 Kini Bisa Online
SPAM Regional, Jawaban Atasi Krisis Air Bersih di Rokan Hilir
Pulau Jemur, Destinasi Wisata Andalan Rokan Hilir
Dukung Pemekaran Rokan Tengah, Ribuan Warga Padati Mubes di Tanah Putih
Potensi Perkebunan Rohil Menjanjikan, Pemkab Dorong Petani Manfaatkan Lahan
Pemkab Rohil Optimalkan Sektor Perikanan
Surya Arfan: Jadikan Alquran Pedoman Hidup Sehari-hari
Rokan Hilir Menuju Swasembada Pangan 2017
Mutasi, 8 Perwira Menengah di Polres Rohil Sertijab
4 Direksi BUMD Bertekad Dongkrak PAD Rohil
Disdukcapil Rohil Permudah Warga Urus e-KTP Sesuai Surat Edaran Kemendagri
Jembatan Pedamaran Rohil Diresmikan Bersamaan Ritual Bakar Tongkang
Penguatan Peran Satpol PP Rohil, Upaya Pemkab Maksimalkan Penerapan Perda
Inilah Strategi Jitu Wabup Rohil Himpun Aspirasi Masyarakat
Pemkab Rohil Rutin Bangun Rumah Nelayan, Tahun Ini Serahkan 20 Unit Rumah
Berawal dari Guru, Kini Jamiludin Jadi Wakil Bupati
SPAM Regional Diyakini Mampu Atasi Krisis Air Bersih di Rohil
Para ASN di Rohil Dihimbau Ikuti Program Tax Amnesty
Komit Gali Potensi Qori Asli Daerah, Bupati Rohil Lantik Dewan Hakim MTQ ke XII
Pemkab Rohil Apresiasi Program Bank Sampah, Berikan Mesin Pencacah Plastik
Tradisi Bakar Tongkang Rohil Bakal Tampil di TMII
Rohil Masih Butuh 5.000 Unit RLH, Bakal Dibangun Bertahap
DPRD Rohil Dukung Pembinaan Qori Mulai Tingkat Kecamatan
Program Gemar Membaca, Rohil Segera Bangun Perpustakaan Hingga ke Desa
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved