Rabu, 24 April 2024  
SMP di Pekanbaru Kurang, Pemko Harap ada Warga Hibahkan Lahan

Advetorial Pekanbaru - MARDISNA - Minggu, 21/01/2024 - 20:44:00 WIB





PEKANBARU, situsriwu.com- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih berharap ada tanah milik masyarakat yang dihibahkan untuk dibangun sekolah. Pasalnya, saat ini Kota Pekanbaru masih kekurangan sekolah, terutama SMP.


Hal itu diungkapkan oleh Penjabat Walikota Pekanbaru Muflihun Minggu (21/1/2024). Ia mengatakan saat ini SMP Negeri di Kota Pekanbaru belum bisa menampung semua siswa tamatan SD.


SMP negeri yang ada di Pekanbaru hanya bisa menampung sekitar 11 ribu siswa. Sementara tamatan SD mencapai 20 ribu siswa.


Muflihun menilai, jumlah kelulusan siswa SD tidak sebanding dengan daya tampunt SMP Negeri di Kota Pekanbaru. Untuk itu, dirinya berharap bisa membangun sekolah baru.


"Tamatan SD itu hampir di angka 20 ribu siswa per tahun. Sementara SMP Negeri hanya mampu menampung 11 ribu siswa. Kita masih minus 9 ribu," ujar mantan Sekwan DPRD Riau ini, Minggu (21/1/2024).


Menurutnya, 9 ribu siswa yang tak tertampun

g di sekolah negeri belum tentu sanggup sekola di swasta. Makanya, pada tahun lalu Pemko Pekanbaru membangun dua SMP baru di tahun 2023 lalu.


"Dan Insya Allah tahun ini kita bangun lagi SMP. Cuman masalah hari ini adalah banyak tanah yang tidak bersertifikat pemko Pekanbaru," ungkapnya.

Dirinya berharap ada lahan masyarakat yang diberikan kepada Pemko Pekanbaru untuk dibangun sekolah baru. Jika itu ada, pihaknya akan mengusulkan lahan tersebut untuk dibangun sekolah.


"Coba kalau ada lahan yang diamanatkan kepada pemerintah Kota Pekanbaru, nanti kita coba usulkan pembangunannya," pintanya.


Menurut Muflihun, jika Pemko Pekanbaru fokus membeli tanah, maka akan menghabiskan anggaran yang cukup besar. Apalagi kondisi APBD Kota Pekanbaru tidak dalam kondisi baik.***

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved