Senin, 08 Maret 2021  
Diskes Rohul Distribusikan Vaksin ke 16 Kecamatan

Advetorial Rokan Hulu - - Jumat, 29/01/2021 - 15:42:50 WIB

ROHUL, situsriau.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu, Jumat (29/1/21) mulai mendistribusikan Vaksin SARS-CoV 2 Buatan Sinovac ke Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes) yang sudah ditunjuk sebagai lokasi Vaksinasi di 16 Kecamatan di Rohul.

Pendistribusian Vaksin ke Fasyankes mendapat pengawalan dari Kepolisian yang berasal dari Polsek masing-masing kecamatan.

Di hari pertama pendistribusian vaksin, ada 4 Puskesmas yang telah mengambil Vaksin dari Instalasi Farmasi di Kantor Dinas Kesehatan Rohul. 4 Puskesmas tersebut masing-masing Puskesmas Rambah Samo I, Puskesmas Rambah Samo II, Puskesmas Bangun Purba, dan Puskesmas Rambah Hilir I.

Kepala Dinas Kesehatan Rohul dr Bambang Triono mengatakan untuk menjamin agar vaksin yang didistribusikan tidak rusak, setiap Puskesmas mengambil Vaksin dari gudang Farmasi Diskes Rohul dengan menggunakan Vaksin Carrier.

"Vaksin ini harus terjaga suhunya di kisaran 2-8 Drajat, makanya setiap Fasyankes yang akan mengambil Vaksin harus membawa Vaksin Carrier untuk membawa Vaksin ke Fasyankes masing-masing dan kemudian sesampainya ke Fasyankes harus segera dimasukan kedalam Cold Chain," jelas Bambang, dikutip cakaplah.

Dijelaskan Bambang, Dinas Kesehatan menargetkan distribusi vaksin ini tuntas dalam waktu 3 hari atau sebelum vaksinasi serentak di Rohul dilaksanakan pada tanggal 1 Februari 2021.

"Insya Allah distribusi vaksin ke Fasyankes tidak ada hambatan, seluruh Fasyankes sudah dibekali dengan Rantai Dingin untuk menyimpan vaksin," ungkapnya.

Bambang menambahkan, Vaksin yang didistribusikan langsung untuk 2 dosis penyuntikan dengan sasaran Vaksinasi petugas Kesehatan. Alokasi Vaksin masing-masing Fasyankes juga berbeda, disesuaikan dengan jumlah tenaga kesehatan yang terdaftar di SISDMK di wilayah tersebut.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rohul menjadi Fasyankes yang menerima alokasi Vaksin paling besar sebanyak 1.074 Vial. Disusul Puskesmas Rambah yang mendapatkan Alokasi 402 Vaksin.

"Khusus untuk RSUD, karena sasarannya banyak, maka Vaksin untuk RSUD nantinya dijemput perhari karena keterbatasan Ruang penyimpanan di sana," imbuh Bambang.

Sementara untuk Puskesmas Rambah Samo I mendapatkan 116 Vial. Puskesmas Rambah Samo II 118 Vial. Puskesmas Bangun Purba 108 Vial. Puskesmas Rambah Hilir I 82 Vial. Puskesmas Rambah Hilir II 58 Vial.

Selanjutnya, Puskesmas Kepenuhan 116 Vial. Puskesmas Kepenuhan Hulu 74 Vial. Puskesmas Tambusai 97 Vial. Puskesmas Tambusai Utara I, 90 Vial. puskesmas Tambusai Utara II, 84 Vial.

Selanjutnya, Puskesmas Bonai Darussalam 98 Vial.  Puskesmas Ujung Batu 106 Vial.  Puskesmas Pagaran Tapah 74 Vial. Puskesmas Kunto I, 124 Vial.  Puskesmas Kunto II 58 Vial. Puskesmas Tandun I  66 Vial. Puskesmas Tandun II 31 Vial. Puskesmas Kabun 74 Vial. Puskesmas Pendalian 64 Vial.  Puskesmas RokanI I 94 Vial Puskesmas Rokan II 70 Vial.

Sementara untuk RSS Surya Insani mendapatkan alokasi 144 Vial, RSS Awal Bros Ujung batu mendapatkan 364 Vial dan Rumah Sakit Az-Zahra mendapatkan 132 Vial. (sr5, ck)


Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved