Jum'at, 26 Juli 2024  
Nasional / Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Perkuat Kolaborasi Bidang Kehutanan
Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Perkuat Kolaborasi Bidang Kehutanan

Nasional - - Jumat, 06/07/2024 - 17:45:02 WIB

JAKARTA,situsriau.com - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menyampaikan ucapan selamat memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 kepada semua pihak pegiat lingkungan hidup dan kehutanan yang ada di Indonesia.


Ma'ruf Amin berharap, melalui peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini dapat memperkuat kolaborasi dibidang lingkungan hidup dan kehutanan, maupun akselerasi penyelesaian permasalahan lingkungan, baik di Indonesia maupun global.


"Melalui langkah kongkrit Indonesia terus berupaya membangun ketahanan lingkungan untuk mewarisi bumi yang lebih sehat dan berkelanjutan," ucapnya, dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Wakil Presiden, Jumat (5/7/24).


Ma'ruf Amin menerangkan, peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun ini  berfokus pada isu pentingnya pemulihan lingkungan untuk mengatasi degradasi lahan.


Kemudian membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrem, sekaligus menurunkan kemiskinan dengan meningkatkan mata pencaharian masyarakat.


Jelas dia, di Indonesia tema ini dipertajam lagi dengan fokus pada penyelesaian krisis iklim dengan inovasi prinsip keadilan.


"Tema ini menjadi pengingat sekaligus ajakan untuk menyelesaikan akar masalah krisis iklim melalui trobosan dan inovasi konsisten oleh seluruh pemangku kepentingan dengan tetap mengedepankan prinsip inklusi keadilan dalam satu generasi dan keadilan antar generasi," ucap dia.


Wapres RI menambahkan, perjuangan mengatasi kerusakan iklim dan lingkungan sepenuhnya ditujukan untuk melindungi dan mempersiapkan pemenuhan kebutuhan generasi saat ini dan generasi yang akan datang, dengan tetap memperhatikan keberlanjutan pelestarian Sumber Daya Alam.


"Momen peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 diharapkan dapat memperkuat kolaborasi dibidang lingkungan hidup dan kehutanan, maupun akselerasi penyelesaian permasalahan lingkungan, baik di Indonesia maupun global," tuturnya.


Selanjutnya, Menteri LHK Siti Nurbaya menambahkan, acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia untuk Indonesia dilakukan dalam rentang waktu selama dia bulan sejak tanggal 5 Mei hingga 5 Juni hari ini dan berlangsung di seluruh Indonesia.


Siti Nurbaya menerangkan, kegiatan hari ini merupakan puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 sebagai rangkaian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan tema Pemulihan lahan, penggurunan dan ketahanan terhadap kekeringan.


"Kegiatan ini bertujuan untuk terus memperkuat partisipasi publik dan semakin memperkuat pertumbuhan dan perkembangan atensi dan kesadaran masyarakat akan pentingnya upaya pelestarian lingkungan dan dalam merespon isu-isu lingkungan dengan tindakan nyata selain penguatan kebijakan dan langkah koreksi," tutupnya. (nb)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved