Jum'at, 07 Mei 2021  
Nasional / Hari Ini, DPR Akan Uji Kelayakan Idham Sebagai Calon Kapolri
Hari Ini, DPR Akan Uji Kelayakan Idham Sebagai Calon Kapolri

Nasional - - Rabu, 30/10/2019 - 10:27:29 WIB

JAKARTA, situsriau.com - Pencalonan Komisaris Jenderal Idham Aziz sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia atau Kapolri diprediksi akan berjalan mulus. Uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap Idham rencananya dilakukan Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang membidangi hukum pada hari ini, Rabu (30/10/19).

Uji kelayakan dan kepatutan calon tunggal Kapolri itu dilakukan menyusul telah ditetapkannya nama-nama anggota Komisi III dalam rapat paripurna DPR pada Selasa (29/10/19).

"Kalau sore ini (kemarin) kami mendapat penugasan Bamus (Badan Musyawarah DPR), maka malam nanti (malam tadi), kami akan meminta persetujuan anggota melakukan fit and proper test," ujar Ketua Komisi III DPR, Herman Herry usai penetapan nama-nama anggota Komisi III di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Selanjutnya, menurut Herman, pada Rabu pagi sekitar pukul 09.00 WIB, Komisi III akan mengunjungi kediaman Komjen Idham Aziz untuk melihat latar belakang kehidupan pribadi dan meminta masukan masyarakat.

"Kalau tidak ada halangan, (Rabu) sore langsung fit and proper test. Kalau selesai, malam hari kami langsung tetapkan (Kapolri). Lalu, langsung diteruskan ke paripurna untuk dilantik pada hari Kamis," ujar politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu seperti dilansir tempo.co.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (23/10) memastikan bahwa dirinya telah menunjuk Komjen Idham Aziz sebagai Kapolri untuk menggantikan Tito Karnavian yang baru saja dilantik menjadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Idham Aziz sendiri saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri.

Surat Presiden (Surpres) Jokowi tentang penunjukan Kapolri sudah secara resmi dibacakan pada rapat paripurna DPR kemarin. Walaupun sudah ditetapkan oleh presiden, pengesahan Idham Azis sebagai Kapolri harus menunggu hasil dari uji kelayakan dan kepatutan yang mengacu pada Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002.

Sejumlah fraksi di DPR menilai Idham Aziz cocok menjadi Kapolri. "Pak Idham sosok mumpuni, tertib, dingin, punya jam terbang mengatasi situasi bangsa menyangkut masalah hoaks, intoleransi dan radikalisme. Jika terpilih, beliau tentu akan memimpin institusi dan membuat solid," ujar Herman.

Hal yang sama diungkapkan anggota Komisi III, Sufmi Dasco Ahmad. Politikus Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu mengatakan, sejauh ini ia belum melihat adanya penolakan pada sosok yang diajukan sebagai calon Kapolri oleh Presiden Jokowi tersebut.

"Saya enggak bisa mewakili seluruh DPR, tapi kalau menurut saya sosok Pak Idham itu dari segi kapasitas, sudah memenuhi sebagai calon Kapolri," ucap Dasco.

Wakil Ketua Komisi III, Adies Kadir pun menilai Idham sebagai figur yang tepat sebagai Kapolri. "Beliau memiliki kemampuan dan kapabilitas sebagai Kapolri," katanya seperti dilansir detikcom.

Anggota Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) itu juga mengatakan dari segi angkatan, kapabilitas, dan kemampuan bekerja, kinerja Idham Azis selama ini dinilai tidak mengecewakan.

Pendapat sama mengemuka dari para pelaku ekonomi. Idham Azis disebut mampu memberikan harapan besar untuk terjaganya stabilitas keamanan dan ekonomi.

Idham dinilai akan mampu bekerja baik dan profesional sesuai tugas dan fungsinya, bahkan bisa membuat dunia usaha tumbuh lebih baik.

Idham Azis dapat memainkan peranannya secara maksimal dengan baik. Para pelaku dunia usaha secara umum melihat jika selama ini jajaran kepolisian memiliki komitmen menegakkan hukum dengan baik. Apalagi, pertumbuhan ekonomi berbanding lurus dengan keadilan dan penegakan hukum. (sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved