Minggu, 23 Juni 2024  
Nasional / Jangan Ragu Laporkan Pungli, Bisa Lewat Aplikasi, SMS, Twitter, dan Email
Jangan Ragu Laporkan Pungli, Bisa Lewat Aplikasi, SMS, Twitter, dan Email

Nasional - - Kamis, 13/10/2016 - 10:19:26 WIB

BATAM, situsriau.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Asman Abnur, meminta warga tak ragu-ragu melaporkan praktik pungutan liar (Pungli). Ada beberapa cara yang bisa dilakukan warga untuk melaporkan.

Hal itu disampaikan Asman Abnur di Batam, Kepulauan Riau, Rabu (12/10/16). "Kejadian kemarin adalah momentum untuk terus memacu reformasi birokrasi di jajaran pemerintah, baik pusat maupun daerah. Namun demikian, kami juga meminta partisipasi aktif masyarakat untuk melakukan lapor cepat apabila menemukan praktek pungli dalam proses pelayanan publik," katanya.
 
Hal ini disampaikan Asman menanggapi operasi tangkap tangan (OTT) di Kementerian Perhubungan. Tim Satgas Gabungan Mabes Polri dan Polda Metro Jaya mengamankan 6 orang dan uang total Rp95 juta serta dokumen-dokumen pengurusan administrasi.

Asman mengatakan, masyarakat dengan mudah dapat menyampaikan laporan cepat terkait pelayanan dan dugaan penyimpangan melalui kanal LAPOR! (lapor.go.id).

"Pemerintah sudah memiliki Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) melalui aplikasi LAPOR! Silahkan manfaatkan," ujarnya.

Bila ditemukan penyimpangan, Menpan memastikan akan memberikan sanksi tegas terhadap aparatur sipil negara (ASN). "Pungli bisa dikatagorikan kejahatan jabatan. Apabila terbukti secara hukum, sanksinya sangat berat. PNS yang terlibat bisa diberhentikan tidak dengan hormat," tegas Asman.

Selain aplikasi LAPOR, Kemenpan RB juga menyampaikan agar masyarakat bisa menyampaikan pengaduan lewat SMS ke 1708, atau melalui media sosial Twitter @LAPOR1708, atau melalui e-mail halomenpan@menpan.go.id untuk mengantisipasi adanya praktek pungli. (sr5, in)


Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved