Sabtu, 03 Desember 2022  
Pendidikan / 136 Mahasiswa se Indonesia Ikuti Program PMM di UIR
136 Mahasiswa se Indonesia Ikuti Program PMM di UIR

Pendidikan - - Selasa, 13/09/2022 - 15:35:04 WIB

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU,situsriau.com - Sebanyak 136 Mahasiswa yang berasal dari Perguruan Tinggi swasta dan  Negeri se Indonesia mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 2 tahun 2022 di Universitas Islam Riau (UIR). Di Provinsi Riau.

UIR menjadi satu satunya Perguruan Tinggi penerima program tersebut.Sebelum melaksanakan perkulihaan, Senin (12/09/2022), dilaksanakan kegiatan penyambutan yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Prim Park, Pekanbaru. Kegiatan PMM ini dilaksanakan selama satu semester atau lebih kurang empat bulan dua minggu. 

Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL, diawal sambutanya mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada mahasiswa yang akan melaksanakan program PMM 2 di UIR selama satu semester kedepan. 

"Ini merupakan suatu kehormatan bagi kami, karena itu kami mengucapkan selamat datang dan terimkasih telah memilih UIR sebagai tempat melaksanakan prom PMM 2 tahun 2022 ini, pertemuan sungguh sangat berarti bagi kami di UIR, meski kita heterogen dalam budaya, ras dan agama tetapi hal tersebut justru menjadi pemersatu, maka dari itu mari kita saling menjaga, menghargai, menghormati dan selalu aman dan damai selama di sini," ajak Rektor Syafrinaldi.

Rektor berharap, meski hanya melaksanakan poerkuliahan selama satu semester, Mahasiswa dari berbagai daerah dan Perguruan Tinggi di Indonesia tersebut bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat, dan tentunya bisa mengambil yang baik-baiknya saja selama berada di Riau khususnya Pekanbaru.

"Kami berharap para Mahasiswa program PMM ini betah dan hendaknya bisa kembali lagi ke Riau setelah menyesaikan perkuliahan, ambil dan bawa pulang yang baik baiknya saja, yang tidak baik tidak usah di bawa ke daerah masing-masing nantinya," pungkas Rektor.

Koordinator PMM 2 UIR Ivan Taufiq S IKom M IKom, dalam laporanya menjelaskan, bahwa latar belakang kegiatan ini tertuju kepada mahasiswa dan semua di lakukan atau diisi oleh para mahasiswa dari mahasiswa untuk mahasiswa. Melalui surat pengesahan dan surat komitmen dari Rektor UIR tertanggal 18 April 2022, UIR secara resmi mengajukan diri menjadi Universitas PT Penerima dalam program ini. 

"Sebanyak 136 mahasiswa dari 58 Perguruan Tinggi yang berasal dari seluruh Indonesia, Program PMM 2 ini dilaksanakan oleh Kemendikbud Ristekdikti bersama Kementerian Keuangan dengan total nilai dana 870 juta Rupiah,” ujar Ivan.  

Ivan juga mengingatkan kepada para mahasiswa peserta PMM 2 jangan takut untuk berkreasi dan berinovasi di UIR, karena UIR kedepannya akan menjadi bagian dari keluarga serta menjadi cerita dan kenangan dalam perjalanan pendidikan para peserta PMM 2.

Sementara, mewakili mahasiswa peserta PMM 2 dari Universitas Mataram Lombok Lalu Teguh Atma Jaya menyampaikan dan berharap kepada rekan rekannya yang mengikuti program PMM 2 di UIR ini agar bisa menyesuaikan diri dengan adat dan budaya yang berlaku di daerah ini. 

"Saya pesan kepada teman-teman mahasiswa yang ada disini bahwa untuk selalu menjaga lisan, tingkah laku, serta norma setempat dan menghargai keberagaman setempat yang telah ada sebelumnya,” kata Teguh. 

Di akhir acara lalu dilanjutkan dengan seremoni pemasangan selempang dan Tanjang kepada dua perwakilan mahasiswa PMM 2 yang diberikan kepada Lidi Wati Aminah dari Universitas Alma Ata Yogyakarta dan Lalu Teguh Atma Wijaya dari Universitas Mataram Lombok.    

Adapun 136 mahasiswa yang memilih UIR sebagai perguruan tinggi tujuan merupakan mahasiswa - mahasiswa yang berasal dari berbagai sekolah tinggi serta universitas se Indonesia, diantaranya Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Airlangga, STKIP Invada Cirebon, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Universitas Haluoleo Kendari, Universitas Udayana Bali, dan Universitas Yapis Papua. (mcr/mad/nb)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved