Sabtu, 03 Desember 2022  
Pendidikan / 99 Sekolah di Pekanbaru Ikut Lomba Gerak Jalan Merdeka
99 Sekolah di Pekanbaru Ikut Lomba Gerak Jalan Merdeka

Pendidikan - - Kamis, 18/08/2022 - 15:53:51 WIB

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU,situsriau.com - Dalam memperingati HUT ke-77 RI dan HUT ke - 65 Provinsi Riau, Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru menggelar Lomba Gerak Jalan Merdeka. Kegiatan ini dibuka oleh Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau M Job Kurniawan di Mal Pelayanan Publik Pekanbaru, Kamis (18/08/2022).

Lomba Gerak Jalan Merdeka ini diikuti 99 sekolah se-Kota Pekanbaru. Terdiri dari 53 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan 9 SMP swasta. Kemudian, 29 Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri, 9 SMA swasta, dan 8 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). 

Tepat pukul 08.30 WIB, M Job Kurniawan melepas peserta lomba gerak jalan. Diawali perserta dari SMP 34 Kota Pekanbaru dan disusul peserta lomba lainnya. 

Sejumlah wali murid dan guru pendamping sangat antusias menyaksikan sekaligus memberikan dukungan kepada para peserta Gerak Jalan Merdeka ini. 

Rute yang ditempuh dimulai dari depan Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, melewati Perpustakaan Wilayah Soeman HS. Kemudian, melintasi Jalan Cut Nyak Dien, dan finish di MPP Pekanbaru.

Setiap tim menampilkan  keserasian dan kekompakan yang maksimal. Unjuk tampil kebolehan ketika melakukan atraksi gerakan dan penghormatan. Suasana tersebut, menghipnotis para penonton yang datang. Bersorak semringah sembari bertepuk tangan.

Job Kurniawan memberi apresiasi positif lomba Gerak Jalan Merdeka dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-77 Tahun 2022 ini. Menurut dia kegiatan ini bisa memperkuat rasa nasionalisme, memupuk kedisiplinan pelajar. 

"Lomba gerak jalan merdeka ini merupakan kegiatan yang sangat positif dan tentunya membawa dampak bagi generasi muda kita. Terutama para pelajar untuk memperkuat rasa nasionalisme, memupuk kedisiplinan dan juga kreativitas," katanya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Ismardi Ilyas mengatakan, para peserta kegiatan lomba gerak jalan ini memakai baju olahraga bernuansa Melayu.

"Para peserta kita ini memakai baju olahraga bernuansa melayu. Jadi ada yang memakai tanjak, songket dan sejenisnya karena itu nantinya akan dinilai oleh Kodim Pekanbaru," kata Ismardi Ilyas.

Ia meminta kepada para peserta lomba gerak jalan merdeka untuk dapat memberikan penampilan yang terbaik dari masing-masing sekolah.

"Kami harap adik - adik semua agar betul-betul menampilkan penampilan terbaiknya. Ini akan kita budayakan pada masa-masa mendatang. Jika hari ini hanya 99 sekolah, maka ke depannya tentu kita berharap akan lebih dari 100 [sekolah] yang bisa mengikuti kegiatan lomba gerak jalan merdeka ini," harapnya pula. (mcr/nb)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved