Senin, 23/05/2022  
Pendidikan / Puasa Ramadan, UMRI akan Gelar Lomba Mengaji untuk Dosen dan Karyawan
Puasa Ramadan, UMRI akan Gelar Lomba Mengaji untuk Dosen dan Karyawan

Pendidikan - - Jumat, 01/04/2022 - 18:58:40 WIB

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU,situsriau.com - Jelang puasa Ramadan 1443 H, Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) gelar kegiatan silaturrahmi, Kamis (31/3/2022) sore di aula lantai III gedung Ahmad Dahlan, kampus utama UMRI, kegiatan ini turut dihadiri Anggota Komisi V DPR RI H Syahrul Aidi Maazat.

Rektor UMRI Dr Saidul Amin MA dalam kesempatan itu menginginkan ada sesuatu yang beda dilakukan kampus dalam puasa Ramadhan tahun ini, terutama dari sisi untuk terus mencintai Al-quran, karena bulan puasa merupakan bulan yang sangat mulia, dimana pada bulan ini turunya Al-quran.

"Kita harus membuat sesuatu yang beda, namun itu sangat bermanfaat. Kita akan mengadakan lomba baca quran ataupun tahfiz quran bagi dosesn dan karyawan," kata Saidul mengawali sambutannya.

Saidul mengatakan, dengan mengadakan lomba baca quran atau tahfiz quran bagi para dosen dan karyawan UMRI, diharapkan UMRI sebagai kampus berbasis Islam akan mampu terus menjaga nilai-nilai yang terkandung dalam Al-quran, dan bisa menerapkannya dalam lingkungan kerja.

"Nanti akan kita upayakan hadiahnya umroh. Ini menurut kami sangat penting, agar jangan hanya kita menyuruh mahasiswa untuk rajin mengaji, sementara kita tidak atau jarang mengaji," tegas mantan Ketua PWM Riau ini.

Gayung pun bersambut, mendengar Rektor akan mengadakan lomba baca Al-Quran khusus bagi Dosen dan karyawan UMRI, Anggota DPR RI Syahrul Aidi mengatakan akan meberikan sumbangan hadiah senilai Rp. 5 juta. "Nanti saya akan berikan hadiahnya senilai Lima juta rupiah, karena ini merupakan suatu yang sangat bagus, dan harus terus dilakukan," kata Syahrul.

Dia mengatakan, sangat penting untuk terus membumikan Al-Quran ini, tidak hanya sekedar pandai membaca, tapi juga harus diiringi dengan perbaikan pada tajwid, mahroj dan lainya. "Memperbaiki cara membaca Al-quran itu harus kita lakukan, karena ini penting agar apa yang kita baca benar-benar sesuai," ujarnya.

Karena menurut Syahrul Aidi, dia juga banyak menjumpai dilapangn, ada masjid yang tidak memiliki imam masjid dengan bacaan yang bagus, sehingga jemaahnya tidak banyak. "Memiliki imam yang bagus bacaannya, bagus suaranya itu sangat perlu, sehingga jemaah akan senang, dan masjid juga pada akhirnya akan terus ramai," pungkasnya.      

Dalam kesempatan itu juga dilakukan launching program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) beserta webnya http://diarymbkm.umri.ac.id. (mcr/mad/nb)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved