Selasa, 26 Januari 2021  
Pendidikan / Belajar Tatap Muka SMA/SMK di Riau Tunggu Rekomendasi Satgas Covid-19
Belajar Tatap Muka SMA/SMK di Riau Tunggu Rekomendasi Satgas Covid-19

Pendidikan - - Kamis, 07/01/2021 - 10:25:31 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau, Chairul Riski menyebutkan bahwa sebelumnya telah direncanakan akan melakukan pembelajaran tatap muka terbatas pada semester genap 2020/2021 tingkat siswa SMA/SMK/SLB/MA negeri dan swasta di Provinsi Riau yang akan dimulai Senin (4/1/21) lalu.

Namun karena mempertimbangkan penularan Covid-19 yang masih fluktuatif terutama pada masa liburan, maka rencana pembelajaran tatap muka tersebut ditunda dan menunggu rekomendasi dari tim Satgas Covid-19 Provinsi Riau. 

"Untuk itu satuan pendidikan tetap melaksanakan belajar dari rumah (BDR). Keputusan tersebut berdasarkan hasil rapat diseminasi rencana pembelajaran tatap muka pada (23/12/20) lalu bersama Wakil Gubernur Riau dan stakeholder terkait di Ruang Rapat Kenanga Kantor Gubernur Riau," katanya, di Pekanbaru, Rabu (6/1/21).

Kemudian sebagai persiapan menghadapi rencana pembelajaran tatap muka terbatas, satuan pendidikan agar memperhatikan dan melakukan berbagai hal. Diantaranya, meningkatkan kesiapan satuan pendidikan untuk rencana pembelajaran tatap muka terbatas, meliputi kesiapan belajar sesuai daftar periksa dan kesiapan proses pembelajaran tatap muka terbatas sesuai protokol kesehatan (Prokes).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas sebagai bagian dari model blended learning bisa berbeda antara satuan pendidikan tergantung kesiapan satuan pendidikan, kondisi daerah dan izin orang tua peserta didik.

Satuan pendidikan wajib melakukan simulasi sebelum melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas serta meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan tim Satgas Covid-19 tingkat kecamatan atau kabupaten dalam melaksanakan verifikasi kesiapan belajar dan rekomendasi untuk pembelajaran tatap muka terbatas.

"Tim Satgas Covid-19 Riau merekomendasikan apabila pembelajaran tatap muka terbatas dimulai, durasi pembelajaran hanya dua jam perhari dan dievaluasi setelah berlangsung selama satu bulan," ucapnya.

Pengawas sekolah juga diharapkan dapat melaksanakan monitoring dan memverifikasi kesiapan satuan pendidikan binaannya dalam menghadapi pembelajaran tatap muka terbatas pada semester genap tahun pembelajaran 2020/2021.

Ia juga mengungkapkan, pemerintah Provinsi Riau akan mengeluarkan edaran tentang waktu dimulainya pembelajaran tatap muka terbatas berdasarkan rekomendasi dari tim Covid19 dan kesiapan satuan pendidikan memenuhi ketentuan yang berlaku.

"Untuk pelaksanaan sosialisasi persiapan tatap muka terbatas akan digelar secara virtual dan akan diinformasikan selanjutnya. Semoga dapat menjadi perhatian bersama," tutupnya. (sr5, mc)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved