Selasa, 21 Mei 2024  
Lingkungan / Tanam Pohon di Pekarangan Rumah Dinas, Gubernur Syamsuar: Nantinya Bisa Menjadi Agrowisata
Tanam Pohon di Pekarangan Rumah Dinas, Gubernur Syamsuar: Nantinya Bisa Menjadi Agrowisata

Lingkungan - - Rabu, 01/02/2023 - 22:15:12 WIB
Gubernur Syamsuar menanam pohon di pekarangan rumah dinas dalam acara Penananaman 1.000 pohon bersama ibu negara, Iriana Joko Wododo dan ibu Wury Ma'ruf Amin
TERKAIT:

PEKANBARU,situsriau.com - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengikuti penanaman 1.000 pohon bersama ibu Negara, Iriana Joko Widodo dan ibu Wury Ma’ruf Amin secara virtual di halaman rumah dinas Gubernur Riau, Rabu (1/2/2023). 


Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP), Kementerian Pertanian, Syannora selaku penanggungjawab, menyebut kegiatan ini diikuti oleh 34 provinsi di Indonesia, dengan total 8.406 pohon yang ditanam, sedangkan di Provinsi Riau akan ditanam sebanyak 110 pohon dengan komoditas pohon durian varietas lokal yakni sijantung dan tembaga dari Kampar. 


"Kegiatan ini dilakukan secara offline oleh ibu negara di Magelang dan diikuiti oleh 34 provinsi diseluruh Indonesia. Untuk Riau menanam 110 batang pohon durian. 50 dibagikan kepada masyarakat, dan 60 lagi ditanam di pekarangan rumah dinas," jelas Syannora. 


Pada kesempatan itu, Gubri memberikan secara simbolis bibit pohon durian kepada 50 orang yang tergabung dalam 5 Kelompok Wanita Tani (KWT) yang ada di Kota Pekanbaru. 


Gubernur Syamsuar mengatakan bahwa alasan Riau menanam pohon durian dengan berbagai varietas tersebut agar tidak hilang dan tetap dilestarikan. 


"Penanaman ini dalam rangka menonjolkan varietas masing-masing daerah, Riau kan terkenal dengan durian, jadi harus dipertahankan, kalau tidak nanti varietasnya hilang," jelas Gubernur Syamsuar. 


Gubri mengaku halaman rumah dinasnya bisa dimanfaatkan, baik untuk tempat hiburan seperti agrowisata, sehingga 60 pohon ditanam dipekarangan rumah dinas dan masyarakat bisa menikmatinya jika nanti berbuah. 


"Ini (pekarangan rumah dinas) bisa dimanfaatkan masyarakat yang nantinya bisa untuk tempat bermain, disini ada juga buah-buahan yang sudah ditanam, ada rusa. Tujuannya ya bisa sebagai tempat hiburan dan agrowisata," jelas Gubernur Syamsuar. 


Ketua KWT Cemara Kota Pekanbaru, Syuharni Fainur mengaku senang mendapatkan bibit pohon dari Gubernur Syamsuar. 


Ia menyebutkan bibit tersebut nantinya akan ditanamkan dipekarangan rumahnya dan berharap bisa tumbuh dan memberikan hasil. 


"Ini akan ditanam dipekarangan rumah saya," jelasnya. 


Hadir mendampingi Gubernur Syamsuar dalam penanaman tersebut Ketua TP PKK Provinsi Riau, Misnarni Syamsuar, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Zulfadli, Kepala Dinas Tanaman Panggan dan Hotikultura Provinsi Riau, Syahfalefi, dan Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau, Erisman Yahya. (mcr/nv/nb)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved