Sabtu, 06 Maret 2021  
Otonomi / Ada Kerusakan, Peresmian Tol Pekanbaru-Dumai Bakal Molor
Ada Kerusakan, Peresmian Tol Pekanbaru-Dumai Bakal Molor

Otonomi - - Senin, 20/07/2020 - 12:08:07 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Peresmian jalan tol Pekanbaru-Dumai (Permai) yang diharapkan bisa menjadi kado Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Riau pada 9 Agustus mendatang nampaknya tidak bisa terwujud.

Pasalnya Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, mendapat laporan jalan bebas hambatan sepanjang 131 Kilometer itu masih terdapat kerusakan yang perlu perbaikan.

"Jalan tol Pekanbaru-Dumai belum bisa kita pastikan peresmiannnya. Karena masih ada pekerjaan perbaikan kerusakan, ada sedikit yang runtuh," kata Gubri, dilansir dari cakaplah.com.

Padahal mantan Bupati Siak dua periode ini berharap peresmian jalan tol Permai bisa menjadi kado istimewa HUT Riau ke-63 tahun.

"Harapan saya peresmian jalan tol bisa jadi kado HUT Riau. Tapi semua kembali ke Hutama Karya (HK). Karena HK sedang mempersiapkan tim ahli dari ITB memperbaiki kerusakan jalan tol. Kemarin kan sudah diperbaiki, tapi sekarang kok turun lagi," kata Syamsuar lagi.

Karena itu untuk peresmian jalan tol Permai, Gubri menunggu kesiapan PT HK, sebab mereka yang bisa menentukan perbaikan kerusakan itu sudah siap dikerjakan, dan hasilnya akan dilaporkan ke Menteri PUPR.

Untuk diketahui Tol Pekanbaru–Dumai terdiri dari enam seksi yakni Seksi I Pekanbaru–Minas sepanjang 9,5 kilometer, Seksi II Minas–Petapahan sepanjang 24,1 kilometer, dan Seksi III Petapahan–Kandis Utara sepanjang 16,9 kilometer.

Selanjutnya Seksi IV Kandis Utara–Duri Selatan sepanjang 26,25 kilometer, Seksi V Duri Selatan–Duri Utara sepanjang 29,4 kilometer, dan Seksi VI Duri Utara–Dumai sepanjang 25,44 kilometer.

Uniknya, tol ini memiliki empat terowongan perlintasan gajah sebagai bentuk harmonisasi infrastruktur dengan alam.
Terowongan gajah disiapkan dengan bentang 25 hingga 45 meter dan tinggi 5,1 meter serta tanaman hijau agar menyerupai habitat asli.

Tak hanya itu, tol ini juga dilengkapi dengan 10 Tempat Peristirahatan dan Pelayanan (TIP).(sr5, ck)


Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved