Minggu, 23 Juni 2024  
Otonomi / Bayi Gajah Lahir di TWA Buluh China, Ini Kata BBKSDA Riau
Bayi Gajah Lahir di TWA Buluh China, Ini Kata BBKSDA Riau

Otonomi - - Sabtu, 04/07/2020 - 11:31:05 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Seekor bayi gajah lahir dengan kondisi sehat di Taman Wisata Alam (TWA) Buluh China, Kabupaten Kampar, Riau.  Bobot gajah jantan itu hampir 50 kilogram.

Bayi gajah ini adalah hasil pengembangbiakan dari sepasang induk gajah binaan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau yang diberi nama Robin dan Ngatini. Kini bayi itu, diberi nama Damar. 

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono, mengatakan di Pekanbaru, bayi gajah binaan yang lahir tersebut telah diberi nama oleh Gubernur Riau Syamsuar. 

"Namanya (bayi gajah,red) 'Damar'. Nama itu, diambil dari nama jenis pohon Meranti. Damar itu, memiliki makna yakni Pelita," ungkap Suharyono, Jumat (3/7/20). 

Usai kelahiran bayi gajah, Suharyono bersama tim dokter hewan BBKSDA Riau, menuju lokasi dan mengecek kesehatan gajah binaannya itu dengan memberikannya vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Serta penambah darah dan nafsu makannya. 

"Bayi gajah ini, jenis kelaminnya jantan dengan beratnya hampir 50 kilogram, saat ini bayi terlihat sehat dan aktif menyusu pada induknya (Ngatini,red)," sambung Suharyono, dikutip halloriau.

Menurut Suharyono, kabar baik lahirnya bayi gajah di TWA Buluh China ini, pertanda bahwa tempat itu mampu sebagai konservasi, masih terbilang cukup kondusif untuk mendukung kehidupan dan kelestarian satwa liar yang dilindungi. 

"Semoga kelahiran bayi gajah ini menjadi pertanda bagi keseriusan semua pemangku kepentingan dalam melestarikan Gajah Sumatera di Bumi Melayu. Juga diharapkan akan menambah antusiasme wisata alam di era normal baru," imbuh Suharyono.(sr5, hr)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved