Selasa, 12/11/2019  
LifeStyle / Ragam Tips Salah Kaprah Soal Turunkan Berat Badan yang Banyak Dipercaya
Ragam Tips Salah Kaprah Soal Turunkan Berat Badan yang Banyak Dipercaya

LifeStyle - - Sabtu, 28/12/2019 - 14:30:32 WIB

JAKARTA, situsriau.com - Menjelang tahun baru, akan ada resolusi baru yang akan dibuat. Salah satunya adalah impian memiliki tubuh yang ideal dengan menurunkan berat badan.

Beragamnya tips-tips populer yang beredar bukan berarti tak ada yang menyesatkan. Dikutip dari Times of India, dilansir detik, berikut adalah 5 tips populer menurunkan berat badan yang sebenarnya adalah mitos:

1. Detoks tubuh

Diet detoks, misalnya minuman seperti jus dan smoothie, sangat digandrungi dengan tujuan mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan membantumu menurunkan berat badan. Namun benarkah hal ini terjadi?

Menurut studi yang dilakukan oleh National Institutes of Health, diet detoks tidak membantumu menurunkan bobot dan faktanya bisa berbahaya. Walaupun ada yang bisa menurunkan bobot, itu hanya sementara.

2. Hindari karbohidrat

Salah satu mitos terbesar adalah dengan tidak memakan karbohidrat bisa menyebabkan bobot seseorang turun. Karbohidrat sangat penting karena memberikan energi pada tubuh untuk berkegiatan sehari-hari, kekurangan karbo bisa membuatmu lemas, lelah, dan mudah marah.

Ketimbang memakan karbo simpel, setidaknya makan karbohidrat tinggi serat yang memperlambat pencernaan. Cobalah konsumsi sekitar 35-38 gram serat per harinya dari karbohidrat sehat seperti biji-bijian dan buah-buahan.

3. Menyingkirkan lemak

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Academy of Nutrition and Dietetics, lemak sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Tapi tak semua lemak diciptakan sama, yang harus kita singkirkan adalah lemak tak sehat seperti lemak tak jenuh untuk tubuh yang sehat dan penurunan berat badan.

Konsumsi lemak sehat yang terkandung dalam ikan, kacang, dan minyak zaitun dalam makanan sehari-harimu. Lemak sehat adalah bagian esensial dari rencana penurunan bobot karena membuatmu kenyang dan penuh energi. Hindari produk rendah-lemak di toko karena cenderung mengandung gula yang lebih banyak.

4. Mengenakan gelang fitness

Gelang fitness sempat ngetren disebut dapat membantu kita untuk menurunkan berat badan, namun itu semua hanyalah mitos. Tak hanya satu namun beragam studi telah menunjukkan bahwa hal ini tidaklah benar.

Masuk akal karena mengenakan gelang di pergelangan tanganmu tak serta-merta secara magis membuatmu turun berat badan. Yang bisa hanyalah tekad dan usaha mencapai tujuan, bukan gelang-gelangan.

5. Olahraga

Loh, olahraga kok mitos? Berolahraga atau sesimpel tetap aktif bergerak adalah satu hal yang penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran.

Berolahraga setiap hari membantu membangun otot namun bukan berarti bila kamu berolahraga lebih banyak maka bobot yang kamu turunkan akan lebih banyak. Pakar menyebutkan bahwa 70 persen badan yang ideal datang dari dapur alias makanan, jadi olahraga yang tepat untuk menurunkan bobot hanya bisa bekerja apabila dibarengi dengan diet yang sehat. (sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved