Jum'at, 26 April 2024  
Kesehatan / ODP Covid-19 di Rohil Meningkat Jadi 624 Orang
ODP Covid-19 di Rohil Meningkat Jadi 624 Orang

Kesehatan - - Jumat, 27/03/2020 - 20:34:29 WIB

Rohil, situsriau.com - Jumlah Orang Dalam Pantauan (ODP) terkait Virus Corona di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mengalami peningkatan. Saat ini, jumlah ODP ada sebanyak 624 orang.

Hal tersebut disampaikan Kadiskominfo Rohil Hermanto S.Sos di ruangan media center tanggap (covid-19) gugus tugas Rohil, Jumat (27/3/20).

"Dari hasil data yang dihimpun jumlah ODP hari ini ada sebanyak 624 orang dan mengalami peningkatan dari hari sebelumnya yang hanya 411 orang," kata Hermanto.

Adanya peningkatan ini bukanlah suatu hal yang buruk, namun menunjukkan bahwa organ yang ada di satuan gugus tugas dan organ Pemerintah Daerah bergerak dalam melakukan pemeriksaan dan pemantauan.

Terjadinya peningkatan juga dikarenakan adanya masyarakat Rohil yakni para mahasiswa yang baru kembali dari luar daerah seperti dari Sumatera Utara di Pasir Limau Kapas (Palika) dan Pekanbaru.

Adapun sebaran sebanyak 624 ODP tersebut yakni, di Puskesmas Bagansiapiapi 21, Puskesmas Bagan Punak 23, Puskesmas Sinaboi 4, Puskesmas Pedamaran 9, Puskesmas Bantaian 10, Puskesmas Rimba Melintang 9, Puskesmas Bangko Kanan 77, Puskesmas Bangko Jaya 21.

Puskesmas Tanah Putih 11, Puskesmas Sedinginan 15, Puskesmas Tanjung Medan 3, Puskesmas Pujud 38, Puskesmas Rantau Kopar 5, Puskesmas Balai Jaya 150, Puskesmas Bagan Batu 62, Puskesmas Bortrem 1, Puskesmas Simpang Kanan 19, Puskesmas Rantau Panjang Kiri 19, Puskesmas Teluk Merbau 25 serta Puskesmas Panipahan 102 orang.

Hermanto memaparkan, hingga saat ini unsur-unsur puskesmas bekerjasama dengan unsur-unsur satuan tugas terus melakukan pemantauan terhadap masyarakat yang masuk ke Rohil.

"Seperti di Panipahan, penumpang dari Sumut maupun lainnya senantiasa dilakukan pengawasan yang ketat," paparnya.

Selain itu katanya lagi, jajaran pemerintah kecamatan juga tetap memberikan penyuluhan kepada masyarakat terkait penanganan dan pencegahan penyebaran virus tersebut.

"Tentunya semua ini harus mendapat dukungan dari semua pihak sehingga dapat berjalan dengan baik," katanya di cakaplah.

Sementara itu tambahnya, dari data ODP sebelumnya, ada sebanyak 15 orang yang telah lepas dari pemantauan.

"Sudah 15 orang yang lepas dari pemantauan, hal tersebut dikarenakan telah dilakukan pemantauan selama 14 hari sebelumnya," terangnya.

Hermanto menambahkan, dari informasi Kominfo Provinsi Riau, ada sebanyak 16 warga Rohil yang akan kembali hari ini dari Tanjung Balai Karimun ke Rohil.

"Namun 16 orang tersebut telah melalui masa karantina selama 14 hari di Balai Karimun," paparnya.

Meski demikian katanya lagi, petugas kesehatan bersama gabungan saat ini tengah menanti kedatangan 16 warga Rohil tersebut di Simpang Bukit Timah untuk dilakukan pemeriksaan dan pendataan.

"Setelah diketahui alamat nya dimana nanti akan digiring untuk melakukan pemantuan diwilayah masing-masing," pungkasnya.(sr5, ck)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved