Kamis, 23 Oktober 2014  
Hukrim / 9 Toko Lesap Tanpa Sisa 5 Rumah Rusak
Inventarisasi Korban Kebakaran di Desa RTH
9 Toko Lesap Tanpa Sisa 5 Rumah Rusak

Hukrim - Editor: Rambe - Jumat, 09/08/2013 - 11:57:41 WIB

BERITA RIAU (ROKAN HULU),situsriau.com-Inventarisasi data korban kebakaran, di Boter Desa Rambah  Tengah Hilir  (RTH), Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Rabu (7/8/2013), sekitar pukul 22.00 Wib, penyebab kebakaran diduga akibat arus pendek.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul, Aceng Herdiana, ST menerangkan di Pasir Pangaraian, Jumat (9/8/2013), pihaknya saat ini tengah melakukan pendataan dan inventarisasi, selain sulitnya melakukan penmdataan, sebab korban masih trauma, juga masih dalam konteks lebaran.

Cuma dipastikan 9 Toko ludes tanpa sisa, BPBD Rohul sendiri melakukan mendapatkan data palit terkait totalitas kerugaian dialami, karena di saat kebakaran ada barang-barang berharga tak bisa diselamatakan, seperti uang, Emas, Sepeda Motor, Dokumen penting lainnya.

"Kebakaran itu dimulai setelah listrik padam, tiba-tiba ada percikan api di bagian atap rumah, hingga menjalah ke seluruh toko, namun tim BPBD Rohul bersama Tim Reaksi Cepat (TRC) baru bisa melumpuhkan api sekitar 2 jam lebih," ungkap Aceng.

Kepala BPBD Rohul menunding pihak PLN agar segera melakukan pengecekan terhadap instalsi listrik, sebab selama ini sudah banyak terjadi kebakaran di pemukiman masyarakat akibat arus pendek, begitu juga dengan warga harus rajin melakukan pemeriksaan dan mengadakan uji kelayakan terhadap intlasi miliknya.

" Kita menurunkan personil sebanyak 20 orang, dibantu 3 Unit Mobil Damkar, Mobil PDAM, terdiri dari BPBD Rohul dan TRC Rohul, sedangkan untuk bantuan para korban saat ini kita tengah koordinaski dengan Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Rohul," kata Aceng.

Terang Aceng seluruh korban, sempat ditawarkannya melalui Kades untuk mendirikan tenda, namun pihak korban bisa menumpang dirumah-rumah tetangga dan keluarga sanak famili masing0-masing.

" Memang hingga saat ini belum ada kita berikan bantuan, sebab masih suasana lebaran," ujar Aceng.
 
Langkah pereventif ke depan, Kepala BPBD Rohul menghimbau saat ini musim kemarau sesuai intruksi  Bupati Rohul Drs. H. Achmad, MSi masih dalam tanggap darurat kabut asap, maka masyarakat jangan sembarang membakar baik itu lahan, hutan dan rumah harus benar-benar dicek dalam keadaan aman sebelumnya meninggalkannya.

Keterangan warga di Tempat Kejadian Peristiwa  (TKP), Muhammad, kerugian ditaksir lebih dari miliyaran rupiah, memang terkabar ludes hanya 9 toko, tapi 5 buah lagi juga mengalami kerusakan ketika hendak pemadaman api, hingga saat ini belum ada bantuan apupun. 

Kapolres Rohul AKBP H. Onny Trimurti Nugroho, SE, SIk, MH melalui Kapolsek Rambah IPTU Dasmaliki menyebutkan peristiwa kebakaran akibat arus pendek, sedangkan kerugian ditaksir lebih dari Rp 1.5 M (pal)

(0) Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

 
Redaksi | Email
Copyright 2012 CV. UKA MANDIRI, All Rights Reserved