Selasa, 12/11/2019  
Advertorial DPRD Kuansing / Mengenal Sosok Juprizal, 2 Kali Terpilih Jadi Kades Hingga Duduki Jabatan Wakil Ketua DPRD Kuansing
Mengenal Sosok Juprizal, 2 Kali Terpilih Jadi Kades Hingga Duduki Jabatan Wakil Ketua DPRD Kuansing

Advertorial DPRD Kuansing - - Senin, 09/12/2019 - 21:15:28 WIB

TELUK KUANTAN,situsriau.com- Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kabupaten Kuantan Singingi berhasil merebut 4 kursi di DPRD Kabupaten Kuantan Singingi Periode 2019-2024 pada Pemilu legislatif kemaren.

Salah satu kursi tersebut didapat di daerah pemilihan (Dapil) tiga yang meliputi Kecamatan Kuantan Mudik, Gunung Toar, Hulu Kuantan dan Kecamatan Pucuk Rantau atas nama Juprizal, SE, M.Si.

Sekarang, Juprizal atau yang akrab disapa Bang Jup ini dipercaya menduduki jabatan pimpinan DPRD Kuansing sebagai Wakil Ketua II.

Saat berbincang dengan wartawan beberapa waktu lalu di ruang kerjanya, Bang Jup yang saat ini juga sebagai Ketua DPC Gerindra Kabupaten Kuantan Singingi mengisahkan perjalanan hidupnya hingga terjun ke dunia politik.

Pria kelahiran desa Koto Cengar, Kecamatan Kuantan Mudik 16 Juni 1970 ini mengatakan sebelum terjun ke dunia politik dirinya diberi amanah oleh masyarakat desa Koto Cengar sebagai kepala desa.

Dirinya terpilih menjadi kades Koto Cengar pada Pilkades langsung ditahun 2002. Amanah sebagai Kades ia jalani dari 2002 hingga 2007. Tahun berikutnya di 2008, masyarakat desa Koto Cengar kembali melaksakan Pilkades untuk periode 2008-2014. Pada Pilkades ini dirinya kembali mencalonkan diri dan terpilih.

Saat menjabat sebagai Kades Koto Cengar ini ia juga dipercaya sebagai ketua Forum Kades Kecamatan Kuantan Mudik.

Dinilai memiliki kinerja yang mumpuni saat memimpin masyarakatnya, Bang Jup pun banyak mendapat sokongan dari berbagai kalangan masyarakat terutama masyarakat Kuantan Mudik agar terjun ke dunia politik.



Berbekal dukungan dari masyarakat, saat itu Bang Jup mencoba bergabung di Partai Serikat Indonesia (PSI). Namun ketika PSI dinyatakan tidak lolos verifikasi, Bang Jup pun bergabung dengan partai Gerindra.

Pada Pemilu legislatif 2009, Bang Jup memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Kuansing, sehingga jabatan Kepala desa periode keduanya yang baru ia jalankan 1 tahun ia tinggalkan.

Pada Pemilu legislatif tersebut ia berhasil lolos menjadi anggota DPRD Kuansing periode 2009-2014 dan menjadi satu-satunya kursi Gerindra di DPRD Kuansing. Kemudian di 2012, DPP partai Gerindra pun memberikan amanah kepada dirinya sebagai ketua DPC Gerindra Kabupaten Kuansing.

Namun pada Pemilu legislatif 2014-2019, dimana ayah tiga anak ini kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Kuansing tapi gagal. Ia tidak terpilih meski saat itu perolehan suara pribadinya mencapai 1,433 suara. Kemudian di Pileg 2019-2014 ia kembali mencoba peruntungan dengan mencalonkan diri. Berkat dukungan masyarakat, dirinya pun berhasil kembali meraih kursi di DPRD Kuansing dan sekarang dipercaya sebagai Wakil Ketua II DPRD Kuansing periode 2019-2024.

Dalam menjalankan tugas sebagai wakil rakyat ini, Bang Jup memiliki motivasi untuk terus memperjuangkan aspirasi masyarakat dan berupaya bagaimana supaya perekonomian masyarakat semakin meningkat, sehingga kehidupan sejahtera yang dicita-citakan dapat terwujud.


Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang duduk dan dalam ruangan

"Sekarang ekonomi masyarakat kita banyak yang bertumpu disektor pertanian dan perkebunan, oleh sebab itu kita terus mendesak kepada pemerintah agar sektor pertanian dan perkebunan masyarakat ini menjadi perhatian khusus disamping sektor pendidikan dan sektor kesehatan,"ujarnya.

Kemudian ia juga mempunyai catatan bahwa saat ini banyak perusahaan yang ada di Kabupaten Kuansing namun hanya sedikit kontribusinya terhadap masyarakat Kuansing."Ini akan terus kita sampaikan dan kita perjuangkan, bagaimana seharusnya pemerintah membuat sebuah terobosan melalui kebijakan dan kewenangan yang dimiliki agar seluruh perusahaan yang ada di Kuansing ini dapat bermanfaat dan berkontribusi secara langsung kepada masyarakatnya,"ujar Bang Jup.

Selama ini dirinya menilai, sejumlah perusahaan yang ada di Kuansing kurang peduli terhadap masyarakat salah satu contoh dalam perekrutan tenaga kerja."Kalau ada masyarakat kita yang diterima kerja hanya level karyawan rendahan, untuk level manejemen, itu selalu didatangkan dari luar, padahal kemampuan SDM kita kalau diberi kesempatan saya yakin akan mampu bersaing,"ujarnya.

Gambar mungkin berisi: 6 orang, orang berdiri dan dalam ruangan


Disamping itu, suami dari Elli Rosnidar ini juga mengatakan bahwa dirinya selain terus berjuang untuk kepentingan masyarakat, ia juga memiliki tugas berat yaitu terus untuk membesarkan partai Gerindra di Kuansing."Alhamdulilah, dari hanya 1 kursi pada 2009-2014 di DPRD Kuansing, kemudian meningkat jadi 3 kursi pada periode 2014-2019 dan sekarang 4 kursi di periode 2019-2024, dan tentunya kita berharap Gerindra terus mendapat simpati masyarakat Kuansing sehingga kedepan Gerindra bisa menjadi partai pemenang di Kabupaten Kuansing,"ujarnya.

Sementara ketika ditanya terkait Pilkada Kuansing 2020, Juprizal mengatakan sejumlah kandidat yang telah mendaftar di Gerindra dan anggap telah memenuhi syarat dan komitmen akan mereka rekomendasikan ke DPD dan DPP."Siapa pun nanti yang diputuskan oleh DPP, kita di DPC siap untuk memenangkannya,"tutupnya.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang berdiri dan pakaian


       Nama   : Juprizal, SE, M.Si
       TTl        : Koto Cengar 16 Juni 1970
       Agama : Islam
       Alamat : Teluk Kuantan

      Pendidikan : 
      SD Negeri 021 Kuantan Mudik 1983
      SMP Negeri 1 Dumai 1988
      SMA negeri 3 Pekanbaru 1991
      Unri Fekon-Manajemen 1992-1997

      Istri            : Elli Rosnidar Harahap, S.Pd, MM
      Pekerjaan : ASN- Guru SMP Negeri 4 Kuantan Mudik

      Anak          : Rafiza Pratama (Mahasiswa Instiper Yogyakarta)
                       : Robeza Pratiwi ( Pelajar MAN I Kuantan Singingi)
                       : Rifani Peliza (4 bulan)

     Penulis        : Ultra Sandi

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved