Rabu, 21 Oktober 2020  
Kedatangan Presiden ke Riau Bawa Dampak Positif bagi Pembangunan

Advertorial DPRD Prov Riau - - Jumat, 21/02/2020 - 12:31:47 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Presiden Republik Indonesia (RI) Ir Joko Widodo tiba di Pekanbaru sejak Kamis (20/2/20). Kedatangan Jokowi di Bandara Sutan Syarif Kasim (SSK) II disambut oleh Gubernur Riau Syamsuar, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Affendi, Danrem 031/WB Brigjen TNI Mohammad Fadjar, Ketua DPRD Riau H Indra Gunawan Eet PhD dan Wakil Ketua DRPD Riau H Zukri Misran.

Dalam lawatan ke Bumi Lancang Kuning kali ini, ada sejumlah agenda yang akan diikuti presiden. Salah satunya adalah peresmian tol Pekanbaru-Dumai yang telah selesai pengerjaannya. Wakil Ketua DPRD Riau H Zukri Misran mengatakan kehadiran presiden membawa dampak yang sangat positif bagi Riau. Khususnya pada sektor pembangunan.

Dikatakan dia, saat ini ada beberapa program pembangunan nasional yang sedang berproses di Provinsi Riau. Seperti tol Pekanbaru-Dumai yang pengerjaannya sudah selesai. Bahkan presiden direncanakan bakal meresmikan tol tersebut. Belum lagi tol trans sumatera. Di mana Riau juga kebagian jatah dari Rengat, Indragiri Hulu ke Pekanbaru.

Jika tol tersebut selesai, ia memastikan kondisi pembangunan serta perekonomian Riau akan semakin meningkat. Mengingat infrastuktur jalan merupakan salah satu hal penting bagi keberlangsungan mobilitas masyarakat. Khusus tol trans sumatera yang meliputi Rengat-Pekanbaru, Zukri berharap pengerjaan yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik.

"Jika memang sudah sampai ke pembebasan lahan, kami minta supaya pemerintah daerah turut serta membantu. Jangan ada lagi persoalan pembabasam lahan yang bahkan memakan waktu cukup lama," pungkas Zukri, dikutip riaupos.

Selain itu, Zukri juga sempat menyinggung perihal pembangunan lain yang bersumber dari APBN. Menurut dia, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bisa memanfaatkan momentum kedatangan presiden dengan sebaik-baiknya. Bahkan persoalan selama ini yang ingin disampaikan, bisa disampaikan langsung kepada orang nomor satu di Indonesia tersebut.

"Jika kita bicara infrastuktur, tentu percepatannya semakin bagus. Banyak lagi persoalan lain. Artinya ketika presiden semakin sering datang dan melihat Riau, presiden akan paham bahwa begitu besar kontribusi Riau untuk Indonesia," imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPRD Riau H Indra Gunawan Eet PhD. Politisi asal Kabupaten Bengkalis itu mengaku sangat mengapresiasi perhatian Presiden RI Ir Joko Widodo terhadap Riau. Dari catatan dia, sudah lebih dua kali presiden datang ke Riau. Bahkan bila dibanding provinsi lainnya di Sumatera, Riau termasuk daerah yang paling banyak dikunjungi.

Maka dari itu, ia meyakini, kedatangan presiden ke Bumi Melayu akan menghasilkan dampak yang sangat positif. Terutama dalam hal pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. "Silahkan kita manfaatkan kedatangan Bapak Presiden untuk mengadukan. Apa saja yang selama ini menjadi persoalan dan tentu harus mendapat jalan keluar," ucap Eet.

Ia mencontohkan persoalah dana bagi hasil (DBH) kelapa sawit yang saat ini cenderung tidak sebanding dengan apa yang telah diberikan Riau. Sebagai provinsi yang memiliki kebun sawit terbesar, lanjut Eet, sudah sepatutnya Riau mendapat porsi DBH cukup besar dari hasil industri kelapa sawit. Sehingga ke depan akan ada tambahan sumber pemasukan guna menunjang APBD Riau.

Belum lagi persoalan kue APBN, yang menurut dia bisa mendapat porsi cukup besar. Jika hal itu bisa direalisasikan, maka pembangunan di Riau akan jauh lebih baik dibanding yang ada saat ini.(sr5, rp)





Dewan Sarankan Anggaran Kunjungan Luar Negeri Digeser untuk Antisipasi Covid-19
Gubri Diminta Tak Gantung Nasib 100 Orang Honorer K2
Asri Auzar Resmi Mundur dari Anggota DPRD Riau
Angka Putus Sekolah di Riau Tertinggi ke 3 Nasional, DPRD Sebut karena Kurangnya Ruang Kelas
DPRD Minta Pusat Jangan Tahan Hak Riau Berupa DBH Rp1,7 Triliun
Dewan Saran Pemprov Bikin Aturan Kendaraan Non BM Bisa Bayar Pajak di Riau
Defisit Beras Selama PSBB, Dewan Usulkan Sagu Jadi Alternatif di Riau
Sidang Paripurna HUT Riau hanya akan Dihadiri 300 Orang Saja
Puluhan Siswa SMA Negeri 2 Singingi Hilir Kunjungi Gedung DPRD Riau
Soal Molotov Kantor Satpol PP, Dewan: Tidak Puas Jangan Luapkan dengan Cara Kriminal
Pemprov Riau Sediakan Rp25 Milliar untuk Subsidi Biaya Transportasi CJH ke Batam
Dewan Minta Awasi Stok dan Harga Daging di Riau Jelang Ramadan
Dewan Setuju Dinas PU Riau Digabungkan Kembali, ASN Dituntut Profesional
Dewan Miris Insiden Pagar Sekolah Roboh Terulang Lagi
SK Pimpinan DPRD Riau Definitif Masih di Kemendagri
Gubernur Riau Diminta Ganti Kepala Dinas Tak Capai Target PAD
Dewan Minta Oknum Penimbun Masker di Riau Ditindak Tegas
Horee, Mulai Minggu Depan Jembatan Siak IV Sudah Bisa Dilewati
Sidang Paripurna DPRD Riau Hari Ini Sukses dan Lancar
Keselamatan Lebih Penting, Dewan Kawal Hasil Rekom Uji Beban Siak IV
Ini Respon Dewan Soal 58 Ribu Hektare Lahan Ilegal di Riau
Kedatangan Presiden ke Riau Bawa Dampak Positif bagi Pembangunan
Pansus Ranperda SOTK Riau Tetapkan 38 SKPD
Setahun 500 Kali, Anggaran Perjalanan Dinas Anggota Dewan Bakal Dirasionalisasi
Gubri Diminat Evaluasi Pejabat Malas Jelang Akhir Tahun
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved