Selasa, 12/11/2019  
Politik / Pertama Kali, Golkar Riau Buka Penjaringan Bacalon di Sembilan Daerah
Pertama Kali, Golkar Riau Buka Penjaringan Bacalon di Sembilan Daerah

Politik - - Jumat, 27/12/2019 - 13:58:45 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Partai Golongan Karya (Golkar) mulai membuka penjaringan Bakal Calon (Bacalon) kepala daerah di 9 daerah. Ini pertama dilakukan, selama ini partai Golkar tidak pernah membuka penjaringan secara terbuka.

"Kami di Golkar saat ini dalam tahap penjaringan calon kada di tingkat kabupaten dan kota. Penjaringan dilakukan secara terbuka," ujar Sekretaris DPD I Golkar Riau, Rizaldi AM Abrus, Kamis (26/12/2019).

Menurut Rizaldi, pihaknya di DPD I sudah berkeliling ke Kabupaten dan Kota untuk mensosialisasikan pelaksanaan penjaringan kepala daerah tersebut. "Kami dari DPD I Provinsi sudah keliling ke Kabupaten dan kota yang ikut Pilkada, untuk mensosialisasikan juklak tentang pilkada dari partai Golkar," ujar Rizaldi.

Dasar partai membuka pendaftaran penjaringan secara terbuka, menurut Rizaldi karena Golkar partai terbuka dan demokratis. Saat ini sebagian daerah dari sembilan yang ikut Pilkada di Riau, sudah ada yang buka dan ada juga yang baru mulai.
Semuanya kata Rizaldi tergantung kebijakan daerah masing-masing. Paling lambat awal januari DPD I harapkan sudah buka semua.

Saat ditanya selama ini tidak buka penjaringan, namun pada Pilkada 2020 mulai buka penjaringan secara terbuka, menurut Rizaldi ada perbedaan persepsi di daerah selama ini.

"Biasanya dibuka juga tapi persepsi kemarin mungkin berbeda-beda antar kawan-kawan di daerah, makanya  kami provinsi mensosialisasikan ke daerah agar sinkron pemahaman tentang juklak (petunjuk pelaksana) ini," jelas Rizaldi.

Sebagaimana proses penjaringan partai lain, di Golkar juga akan dilakukan survei bagi nama yang mendaftar dan ikut mengembalikan formulir ke partai.

"Survey akan dilakukan setelah tahap penjaringan selesai. Balon mengembalikan formulir akan diverifikasi tim di Kabupaten dan Kota setelah itu yang lolos akan disurvei tahap awal oleh tim survei independen," jelas Rizaldi.

Pun demikian, meskipun buka penjaringan, Golkar tetap yakin akan mengusung kader-kader terbaiknya di Pilkada. Apalagi di Golkar sendiri banyak punya kader yang siap maju.

"Tentu saja tujuan kami Golkar Riau berkeyakinan, jagoan Golkar dapat memenangkan kontestasi pilkada serentak 2020," jelas Rizaldi. (sr5, ck)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved