Jum'at, 18 09 2020  
Politik / Bawaslu Meranti Siapkan 100 Unit Komputer untuk Tes CAT
Bawaslu Meranti Siapkan 100 Unit Komputer untuk Tes CAT

Politik - - Selasa, 10/12/2019 - 14:47:23 WIB

MERANTI, situsriau.com - Dalam seleksi penerimaan panitia pengawas kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada 2020, peserta akan menjalani tes berbasis komputer (CAT). Untuk itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kepulauan Meranti telah menyiapkan 100 unit personal computer (PC).

Kata Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti, Syamsurizal, ada 174 orang melamar menjadi Panwascam untuk Pilkada 2020 di Kota Sagu. Mereka akan mengikuti ujian berbasis komputer dan wawancara.

Untuk mensukseskan CAT ini, Bawaslu bekerjasama dengan SMK Negeri 1 Tebingtinggi. Bawaslu meminjam 100 unit PC dan gedung saat pelaksanaan CAT di sekolah yang terletak di Jalan Dorak Selatpanjang.

"Hari ini kita melaksanakan ujicoba perangkat dan jaringan se Indonesia," kata Syamsurizal ketika ditemui di SMK N 1 Tebingtinggi.

Hasil pantauan, meski dilaksanakan serentak se-Indonesia, uji coba perangkat dan jaringan berjalan lancar. Syamsurizal optimis saat pelaksanaan CAT nantinya, bisa berjalan dengan baik sebagaimana mestinya.

"Rentang waktu pelaksanaan CAT itu mulai tanggal 13 hingga 17 Desember 2019. Saat uji coba ini, tak ada gangguan baik perangkat maupun jaringan. Kita optimis pelaksanaan CAT nantinya sukses, kan tidak serentak lagi (se-Indonesia)," ujar Syamsurizal.

Syamsurizal memastikan, penerimaan Panwascam tahun 2019 sudah sangat terbuka. Nilai masing-masing peserta saat CAT langsung terkirim ke pusat. Setelah itu, nilai wawancara oleh Bawaslu Meranti, juga dikirim ke pusat.

"Kita belum tau seperti apa pengumuman kelulusan, apakah langsung oleh Bawaslu RI, atau hanya dikirim nilai dengan sistem perangkingan. Tapi yang jelas nilai dari masing-masing peserta akan dikirim ke pusat," jelas Syamsurizal di cakaplah.

Dengan menyiapkan 100 unit PC, Bawaslu Meranti optimis CAT bisa dilaksanakan dalam satu hari. Guna memuluskan rencana, Bawaslu juga akan berkoordinasi ke PLN agar saat pelaksanaan CAT listrik tidak padam.

Dari 174 peserta yang ikut, hanya 27 orang yang akan lulus. Masing-masing kecamatan (9 kecamatan se-Meranti) akan ada 3 orang komisioner Panwascam. Mereka yang lulus akan dilantik pada tanggal 21 atau 22 Desember 2019. Dengan masa tugas minimal 9 bulan, maksimal 12 bulan.(sr5, ck)


Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved