Jum'at, 29 Maret 2024  
Politik / Besok Sore, KPU Tetapkan Presiden Terpilih 2019
Besok Sore, KPU Tetapkan Presiden Terpilih 2019

Politik - - Sabtu, 29/06/2019 - 11:39:20 WIB

JAKARTA, situsriau.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 pada Minggu (30/6/19) besok.

KPU meminta pasangan calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno hadir pada acara itu dan diharapkan dapat melakukan konferensi pers secara bersamaan.

Ketua KPU, Arief Budiman mengatakan, rapat pleno terbuka akan dilakukan pada pukul 15.30 WIB, di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol Nomor 29, Jakarta Pusat. "Insyaallah kalau tidak ada halangan, pukul 17.00 diperkirakan akan selesai," kata Arief seperti dilansir tempo.co, Jumat (28/6/19).

Rapat pleno dilakukan menyusul berakhirnya sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK). Dalam putusannya, MK menolak seluruh gugatan kubu Prabowo-Sandi. Putusan dibacakan oleh Ketua MK, Anwar Usman dalam sidang pada Kamis (27/6).

Arief melanjutkan, Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi akan diundang dalam rapat pleno. Selain itu, KPU juga akan memberikan masing-masing 20 undangan bagi setiap paslon untuk membawa tim sukses mereka masing-masing.

Selanjutnya, pihak yang akan diundang adalah penyelenggara Pemilu seperti Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Lalu, undangan juga akan diberikan pada lembaga yang berhak menerima salinan putusan rapat pleno seperti yang diatur undang-undang. Di antaranya yaitu Kementerian Sekretaris Negara, Mahkamah Agung, MK, serta MPR dan DPR.

"Mudah-mudahaan beliau, baik pasangan calon 01 dan 02, punya waktu cukup, tidak ada halangan, sehingga bisa menghadiri rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih," ujar Arief.

Nantinya, kedua paslon diharap dapat melakukan konferensi pers secara bersamaan. "Saya penginnya mereka (Jokowi dan Prabowo) bisa konferensi pers bareng," kata Arief. (sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved