Selasa, 20 Oktober 2020  
KONI dan TD Tinjau Sejumlah Venue
Pj Bupati Syahrial Abdi Pastikan Kesiapan Kampar Tuan Rumah Pengprov Riau

Advetorial Kampar - EDITOR: MARDISNA - Kamis, 15/12/2016 - 19:32:09 WIB
Tim KONI dan TD Pengprov Riau Tinjau Sejumlah Venue di Kampar, Kamis (15/12/2016)
BANGKINANG, situsriau.com-Pemerintah Kabupaten Kampar terus berbenah mempersiapkan diri selaku tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Pemprov) IX Riau yang akan digelar tahun 2017 mendatang. Penjabat Bupati Kampar Syarial Abdi AP. MS.i  didampingi Kadis Parawisata dan Olah Raga Kabupaten Kampar Syamsul Bahri, pagi kemaren juga meninjau beberapa venue yang akan digunakan untuk perhelatan tersebut.

Pj Bupati Sahrial Abdi berkesempatan meninjau beberapa venue yang akan digunakan diantaranya  panjat tebing,  Gedung Olah Raga (GOR) Serba Guna yang terletak di Area  perkantoran Bupati Kampar, Padepokan Pencak Silat di Kecamatan Bangkinang.

Peninjauan yang dilakukan ini juga untuk memastikan kesiapan Kampar sebagai tuan rumah sebelum kedatangan tim Komite   Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Riau, Kamis (15/12/16).

Dalam peninjauan tersebut, Syahrial Abdi memerintahkan agar segera di usulkan anggaran pembangunan dan perbaikan maupun sarana dan prasarana menunjang kesuksesan Porprov ke IV Riau seperti jalan menuju akses menuju lokasi serta lainnya.

"Suksesnya Porprov di Kabupaten Kampar merupakan kesuksesan bersama baik Pemda Kampar Khususnya Dinas Parawaisata dan Olahraga, KONI Kabupaten Kampar, serta Masyarakat pada umumnya untuk itu kita mesti persiapkan dengan sebaik-baiknya pelaksanaan kegiatan ini. Untuk itu kami berharap kepada Pengprov Riau agar kiranya dapat membantu melalui APBD provinsi demi kenyamanan pelaksanaan Porprov tersebut," kata Pj Bupati yang juga Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Riau ini.  

Sementara itu, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, Tim KONI Riau beserta Technical Delegate (TD) dari cabang olahraga melakukan kunjungan ke Kabupaten Kampar untuk melakukan peninjauan lokasi pertandingan atau venue yang bakal digunakan untuk perhelatan Porprov IX Riau, siang tadi.

Tim ini dipimpin langsung oleh Wakil Ketua I KONI Riau Zulkifli Saleh ini sebelumnya menggelar pertemuan di aula KONI Kabupaten Kampar bersama Pj Bupati Kampar Syahrial Abdi yang diwakili Kadisparpora Kabupaten Kampar Syamsul Bahri dan Ketua KONI Kampar Abdul Gafar dan juga dihadiri Technical Delegate (TD) dan pengurus Cabang Olahraga Kabupaten Kampar.

Dalam pertemuan ini Wakil Ketua I KONI Riau Zulkifli Saleh menyatakan bahwa kunjungan ini semata-mata untuk melihat secara langsung kondisi sejumlah venue yang bakal digunakan untuk Porprov IX 2017 nanti.

"Hal ini bertujuan agar perhelatan Porprov IX Riau 2017 di Kabupaten Kampar dapat berjalan dengan baik dan lebih bagus dari perhelatan Porprov sebelumnya," ungkapnya.



Pertandingkan 20 Cabang Olahraga

Sementara itu Pj Bupati Kampar Syahrial Abdi yang diwakili Kadisparpora Kabupaten Kampar Syamsul Bahri menyampaikan Porprov IX Riau Kabupaten Kampar tahun 2017 digelar sekitar bulan Oktober 2017.

"Bahkan sudah menetapkan 20 cabor yang bakal dipertandingkan dan kita sudah membangun 5 venue dan sudah 100 persen pekerjaannya dan untuk jumlah secara keseluruhan ada 11 venue," terangnya.

Pada kesempatan itu Syamsul Bahri meminta kepada pihak TD untuk melakukan penilaian secara obejktif dan sesuai dengan standar venue untuk Porprov. "Silahkan tim TD melihat dan melakukan penilaian namun tentu sesuai dengan standar venue untuk Porprov dan bukan standar untuk PON apalagi Olimpiade," ungkapnya.

Dikatakannya, menilik kondisi keuangan daerah diharapkan untuk sama-sama merancang untuk memanfaatkan satu gedung untuk beberapa cabor artinya bagaimana menggunakan venue yang ada secara efisien dan efektif.

Foto Didis SitusRiau.
Pj Bupati Kampar saat meninjau beberapa venue yang akan digunakan untuk helat Pengprov IX 2017


Disampaikannya, bahwa selaku tuan rumah diakuinya masih ada kekurangan terkait untuk fasilitas di beberapa venue seperti kondisi jalan dan fasilitas untuk penonton. Sadangkan untuk sarana penunjang, untuk kesempurnaan persiapan Pemkab Kampar harus segera melakukan pembangunannya atau beberapa kegiatan perbaikan seperti pembangunan dan perbaikan jalan dan pembenahan penunjang lainnya, sehingga Kabupaten Kampar betul-betul siap sebagai tuan rumah Porprov pada tahun 2017 mendatang.

Perhelatan Porprov Riau yang bertujauan untuk menjaring atlet berbakat ini, ternyata KONI Riau juga akan mengeluarkan aturan yang sejalan dengan tujuan tersebut. KONI  Riau punya keinginan agar atlet yang sudah berrestasi di level internasional tidak ikutserta di Porprov nanti.

"Pengen kita seperti itu. Atlet yang sudah berprestasi di level internasional, tidak ikuit di Poprprov nanti," kata ketua umum KONI Riau Emrizal Pakis, Rabu (23/11/16) lalu.

Namun, kata Emrizal, ini masih sebuah wacana. Pihak ketua umum Pengprov cabor lah yang lebih berkepentingan untuk hal ini. Apakah aturan ini benar-benar akan dilkukan atau belum, pihak KONI belum memberikan kepastian.



KONI Kampar, Cabor dan Daerah Terus Persiapkan Diri

Sementara itu, jauh hari pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kampar dibawah pimpinan Ketua Ir H Abdul Gafar, MM mengaku siap membawa Kampar selaku tuan rumah menjadi juara pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau tahun 2017 mendatang.

"Kita berharap peran serta cabang olahraga benar-benar maksimal, karena Porprov tahun depan Kampar menjadi tuan rumah dan semboyan kita adalah Kampar juara. Kita juga akan berusaha bagaimana setiap cabang betul-betul memanfaatkan atlet asli Kabupaten Kampar mulai dari tingkat desa harus kita jaring atlet berbakat," ujar Gafar yang mengaku meskipun sulit, tetapi Abdul Gafar yakin mampu menaikkan peringkat Kampar dari peringkat ketujuh pada Porprov 2014 di Indragiri Hulu menjadi juara umum.

Sementara itu Kepala Bidang Humas KONI Kabupaten Kampar Marhaliman di tempat yang sama menyampaikan, untuk persiapan venue olahraga ditangani langsung oleh Pemkab Kampar. Ada dua hal yang dilakukan terhadap venue yakni kegiatan perbaikan (rehab) dan pembangununan venue baru.

"Adapun lokasi venue Porprov Riau IX di Kampar terdapat di 5 kecamatan yakni di Kecamatan XIII Koto Kampar, Bangkinang, Bangkinang Kota, Salo dan Rumbio Jaya," ungkapnya.


Tidak hanya KONI Kampar, KONI Kabupaten/kota lainnya juga sudah mematangkan persiapn menghadapi pengprov ini. Misalnya KONI  Kepulauan Meranti mengaku siap  menghadapi iven bergengsi di Kabupaten Kampar tersebut.

Sekretaris KONI Kepulauan Meranti, Ricky Heriansyah SE AK, saat menggelar jumpa Pers, di Kantor KONI Jalan Banglas, Selatpanjang, beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa KONI Kabupaten Kepulauan Meranti akan mengikuti Porprov IX Riau di Kabupaten Kampar, dan pihaknya akan mematangkan persiapan.
 
"Kita sudah mulai tahapan dan persiapan. Pada Kamis kemarin, kita juga sudah mengadakan rapat koordinasi dengan pengurus cabang olahraga mengenai keikutsertaan nantinya. Kita berharap peran serta cabang olahraga benar-benar maksimal, sehingga hasilnya nanti juga akan maksimal dan ini tentu perlunya dukungan dari pihak terkait sehingga bisa saling bersinergi," ungkap Ricky.
 
Dia menambahkan, dari 24 cabang olahraga ada 20 cabor yang berpotensi. "Bagaimana setiap cabang betul-betul memanfaatkan atlet asli Kabupaten Kepulauan Meranti mulai dari tingkat desa harus kita jaring atlet berbakat," ujar Ricky.
 
Ricky juga mengaku tak ingin kehilangan kesempatan pada Porprov 2017 mendatang di Kabupaten Kampar sehingga Meranti bisa mencapai target tiga besar. Ia bertekad akan menggunakan atlet dari Kepulauan Meranti hasil pembinaan di masing-masing cabang olahraga.
 
Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Porprov XI Kepulauan Meranti, Sudarto mengatakan mengenai banyak kabupaten Kota lain yang menggunakan atlet luar, Meranti sendiri tidak akan ikut ikutan menggunakan atlet luar, dan mengenai hal itupun Koni Meranti sendiri tidak memiliki dana untuk membayar atlet bayaran.
 
"Kita tetap komit menggunakan atlet Daerah sendiri, dan kita juga akan melakukan penjaringan atlit di daerah-daerah pelosok, karena masih banyak atlit-atlit pelosok yang berbakat," ujarnya.
 
Dalam kesempatan yang sama, Saiful Ikram yang merupakan bagian pendanaan mengungkapkan, kondisi keuangan daerah memang sangat menentukan namun, KONI yang telah diberi kepercayaan oleh Pemda akan berusaha semaksimal mungkin sehingga berjalan sesuai dengan harapan.
 
"Kalau soal keuangan kita maklumi juga dengan kondisi ekonomi daerah saat ini, namun akan tetap kita perioritaskan dengan melakukan koordinasi yang maksimal. Dan Porprov ini kita upayakan putra-putra terbaik kita yang akan tampil," ujarnya.


Venue Pencak Silat yang dimilik Kabupaten Kampar juga digunakan saat PON tahun 2012 lalu.

Selain daerah kabupaten/kota yang mempersiapkan diri, menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau 2017 di Kampar, pengurus cabang olahraga (cabor) juga mulai berbenah dan koordinasi dengan Panitia Pelaksana. Misalnya Pengurus Provinsi (Pengprov) Keluarga  Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Riau menggelar pertemuan Pengprov dengan seluruh Pengurus Cabang (Pengcab) di Riau.

Ketua Umum Kodrat Riau H Dr Kamsol mengatakan pihaknya jauh hari sudah  membahas persiapan Porprov Riau IX 2017 di Kampar. "Diantaranya tentang keabsahan, nomor pertandingan putra dan putri, serta jumlah Pengcab Kabupaten/kota yang ikut," ujar Kamsol.

Kamsol juga mengatakan dalam pertemuan itu juga dibahas persiapan Pra PON Remaja di Jawa Timur (Jatim) dan terkait mencari bibit atlet Kodrat ke sekolah-sekolah di Riau. "Selain itu kita juga melakukan penertiban organisasi. Jadi bagi kepengurusannya sudah habis akan kita minta segera  melaksanakan musyawarah cabang (Muscab)," kata Kamsol.

Pertemuan itu kata Kamsol lagi akan dilaksanakan sejak dua bulan lalu ini, tujuan utamanya untuk kesiapan Riau menhadapi event yang lebih besar lagi nantinya. "Setiap pengcap mengirim perwakilan 3 orang yakni Ketua Umum Pengcab, Binpres dan pelatih utama. Jadi yang kita bahas adalah untuk kemajuan olahraga tarung derajat sebagai refresentasi prestasi olahraga Riau kedepannya," ucapnya. (advertorial)


Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved