Kamis, 29 Oktober 2020  
Alfedri : Program KB untuk Keluarga Bahagia Sejahtera

Advetorial Siak - - Jumat, 18/09/2020 - 21:02:11 WIB

SIAK, situsriau.com- Pagi tadi puluhan ibu-ibu kader Keluarga Berencana (KB) kampung Koto Ringin, kecamatan Mempura sudah menunggu Bupati Siak Alfedri, di halaman kantor pemerintahan kampung setempat. 

Masing-masing tampak memakai masker dan duduk di kursi plastik secara berjarak.

Meski harus tunduk dengan protokol kesehatan Covid 19, keakraban ibu-ibu ini dengan Alfedri masih terasa pekat. Saat mobil yang ditumpangi Alfedri tiba di depan laman kantor itu, ibu-ibu ini menyambutnya dengan hangat. Ya, tanpa berjabatan tangan, seperti hari-hari yang telah lama berlalu.

"Cuci tangan dulu Pak," kata Desi Fefianti, Camat Mempura yang juga ikut menunggu.

Alfedri meresponnya dengan ramah lalu mendekati fasilitas cuci tangan yang ada di sebelah kiri menjelang pintu masuk. Setelah cuci tangan, Alfedri mengajak semuanya masuk. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Siak Darusalim dan Penghulu Kampung Koto Ringin, Arun tampak mendampingi.

Kehadiran Suami Rasidah di tengah kader KB kampung Koto Ringin itu untuk membuka sekaligus menjadi pemateri program Pembinaan Kampung KB. Pria berbatik biru  itu kemudian memecah suasana yang tampak formal sejak awal. Ia mengajak ibu-ibu yang menjadi audiensnya tersebut berdialog dan memberikan reward jika bisa menjawab kuis yang sesekali ia lempar.

"Ibu-ibu kader KB ini tentu sudah lebih tahu dari saya, bahwa KB itu tidak melulu tentang program 2 anak. KB itu intinya bahagia dan sejahtera, bahagianya dunia akhirat" ucap Alfedri. 

Ia memaparkan program KB itu sesungguhnya demi kepentingan yang lebih luas. Dimulai dari rencana saat mencari jodoh, pranikah, pascanikah, pengaturan dan manajemen keluarga dan lain-lain. 

"Karena itu disebut namanya KB, keluarga berencana. Jadi harus ada perencanaan yang matang dalam menjalani kehidupan di dalam keluarga, agar teratur, berkualitas dan sehat" jelas dia.

Jika selama ini program KB dianggap hanya sekedar alat kontrasepsi dan pembatasan 2 anak, itu merupakan perspektif yang sempit. Karena itu, kader KB di kampung-kampung harus mampu menjadi pelopor utama pengetahuan masyarakat terkait KB.

"Jika masyarakat sudah memahami bahwa program KB itu untuk menciptakan keluarga bahagia dan sejahtera, maka mungkin semua keluarga menjadi peserta KB. Jadi menurut saya, berencana itu keren" kata dia.

Pada kesempatan itu, Alfedri sempat bercerita tentang doa nabi Adam, kemudian pencegahan stunting dan penerapan rencana dalam keluarga. Dalam program KB diisyaratkan jarak anak minimal 3 tahun, usia pernikahan untuk perempuan 20 tahun dan laki-laki 25 tahun. Hal itu disebut sebagai standar ideal untuk menciptakan keluarga berkualitas. 

"Program KB ini sangat penting dan sangat bermanfaat. Karena itu saya anggap kegiatan-kegiatan KB ini perlu saya hadiri" imbuhnya.

Diluar kegiatan, Darussalim mengemukakan kampung Koto Ringin adalah kampung KB untuk di kecamatan Mempura. Kampung ini menjadi kampung KB sudah sejak 3 tahun belakangan, dan 70 persen keluarga mengikuti program KB.

"Di kabupaten Siak ini ada 14 kampung yang ditunjuk menjadi kampung KB. Sedikitnya minimal 1 kampung dalam 1 kecamatan, dan di kecamatan Mempura ini terpilih adalah kampung Koto Ringin" kata dia.

Ia menjelaskan, pihaknya sengaja mengundang langsung bupati untuk hadir pada kegiatan itu karena permintaan kader. Selain itu, Alfedri juga merupakan sosok yang tepat untuk diajak supaya perhatiannya terhadap program KB terus berkembang.(Infotorial)


Camat Siak Resmi Jadi Ketua Mabiran Pramuka Siak 2016 2021
Di Riau, Pemkab Siak Dinilai Paling Tanggap Pelayanan Publik
Peringatan Hari Pahlawan 10 November Perkokoh Persatuan Membangun Negeri
Sekarang Pengurusan e-KTP Tidak Lagi Pakai Surat Pengantar
Mantab! Gerakan Masyarakat Siak Berzakat Tembus Angka Rp1,2 Miliar
Bupati Siak: Tahniah untuk Kuantan Singingi
Buka Porseni PGRI, Mendikbud Sampaikan Apresiasi Luar Biasa untuk Pemkab Siak
Wakil Bupati Alfedri Bupati PENTAS PAI Perdana di Siak
Bupati Siak Kembali Ajak Warganya Terapkan Magrib Mengaji
Asisten III Buka Sosialisasi Program Jaminan Sosial kepada Personal In Charger Kecamatan
ASN dan Guru di Siak Dituntut Bekerja Profesional
Gayung Bersambut, Pemkab Siak MoU dengan Bank Riau Kepri Soal Program Modal UMKM
Wabup: Sukseskan Bersama karena Menyangkut Marwah Siak
Ditetapkan Jadi Kabupaten Hijau, Siak sudah Tanam 45 Ribu Pohon Baru
Pawai Takbir Idul Adha di Siak Bakal Diikuti 33 Peserta dari Seluruh Kecamatan
Luar Biasa! Siak Tetap Raih Opini WTP untuk ke 6 Kalinya
Pemkab Siak Beri Partisipasi dalam Gowes Pesona Nusantara di Pekanbaru
Pemkab Siak Berupaya Perda-kan Pemeliharaan Arsip Daerah
Dokter di Siak Diminta Bertugas Lebih Profesional
Ssst, Tenyata Bupati Siak Tak Pernah Ikut Panjat Pinang Lho!
Wisatawan dari Berbagai Daerah Serbu Istana Siak di Libur Natal & Tahun Baru
Pemkab Siak Berhasil Tingkatkan Populasi Ternak Sapi 3 Tahun Berturut-turut
Wabup Siak Terima Langsung Anugerah Green City Award
Berpotensi Besar, Tapi Sektor Pajak di Tualang Belum Tergarap Maksimal
Beras Siak Kota Istana Kini sudah Bisa Dinikmati Masyarakat Sungai Apit
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved