Kamis, 21 Maret 2019  
Ini Upaya Pemko Pekanbaru untuk Atasi Genangan Air di Kecamatan Payung Sekaki

Advetorial Pekanbaru - - Jumat, 12/05/2017 - 15:20:15 WIB

PEKANBARU, situsriau.com- Kecamatan Payung Sekaki yang memiliki luas 1,3 km persegi, sebagian wilayahnya terdiri dari tanah gambut dan struktur tanah berada pada elevasi yang lebih rendah dari kecamatan lain. Hal tersebut secara otomatis membuat sebagian besar wilayah Kecamatan Payung Sekaki
berpotensi terjadinya genangan air saat musim hujan tiba.

Camat Payung Sekaki Zarman Candra mengakui hal tersebut dan mengatakan melalui program sinergi antara pemerintah Kota Pekanbaru dengan Provinsi Riau maupun pemerintah pusat, titik genangan air sudah berkurang dengan dibangunnya drainase yang terintrerkoneksi maupun embung untuk menampung
limpahan air hujan.

"Dengan dibangunnya drainase disepanjang Jalan Soekarno Hatta mulai dari sisi Kecamatan Tampan dan Kecamatan Marpoyan  Damai, nanti akan melewati sebagian daerah Payung Sekaki hingga berakhir  ke muara sungai Siak," kata Zarman kepada situsriau.com baru-baru ini.

Dijelaskannya, drainase yang terinterkoneksi antar kecamatan ini setakad ini untuk wilayah Payung Sekaki masih sebatas Kelurahan Labuh Baru Barat dan Labuh Baru Timur, yaitu diseputaran pusat  belanja Transmart.

"Mulai dari pangkal Jalan Soekarno-Hatta dari arah Marpoyan Damai, nanti drainase ini juga akan melewati Kelurahan Air Hitam dan Kelurahan Tampan. Saat ini masih melewati dua kecamatan saja karena masih dalam tahap pembangunan. Rencananya dalam tahun ini juga akan dilanjutkan pembangunannya oleh Pemerintah Provinsi Riau," katanya.

Foto Fachruddin Panggabean.
Camat Payung Sekaki ini selalu memantau wilayah kerjanya dan berdiskusi dengan warga


Selain itu, lanjutnya, dengan koordinasi yang baik antara Pemko dengan Provinsi dan pusat, di Kecamatan Payung Sekaki juga sudah ada embung atau waduk di seputaran Terminal Bandar Raya Payung Sekaki atau dikenal dengan terminal AKAP.

"Alhamdulillah di Kecamatan Payung Sekaki seputaran Akap terdapat sebuah embung/waduk. Walau masih terbatas namun bisa menampung tumpahan air yang mengalir  dari kecamatan tetangga ke wilayah kita . Dengan embung ini genangan air tidak langsung ketengah tengah pemukiman. yang alhamdulillah itu
sangat membantu daripada  masyarakat kami yang mengatasi genangan air yang ada dikecamatan payung sekaki ini," papar Zarman.

Melalui kerjasama dengan pemerintah propinsi, Zarman juga berharap instansi terkait akan menyambung drainase yang ada di Jalan Siak II. "Karena pemerintah pusat telah membuatkan jalan beton di jembatan Siak II,  harapan kami tentu juga diiringi dengan drainase yang saat ini masih terputus. Jika diseputaran Jalan Siak II menuju pintu masuk Temrminal AKAP  terhenti pembuatannya, maka tidak mengalir ke hilirnya ataupun menuju Sungai Air Hitam yang ada di Sungai Siak," paparnya.

Disampaukannya, penataan drinase yang terkoneksi antar 7 kelurahan yang ada yakni Kelurahan Labuh Baru Barat, Labuh Baru Timur, Payung Sekaki, Tampan dan ditambah tiga kelurahan pemekaran yakni Kelurahan Sungai Sibam, Kelurahan Tirta Siak dan Kelurahan Bandar Raya bukanlah hal yang mudah.

Foto Fachruddin Panggabean.
Pembuatan parit hingga ke jalan-jalan di kelurahan juga dilakukan agar terkoneksi dengan parit besar

Namun, lanjut Zarman,  dengan berkoordinasinya Pemerintah Kota Pekanbaru dengan Pemerintah Provinsi  maupun pemerintah pusat, alhamdulillah apa yang menjadi harapan kita tersalurkan. "Beberapa program pembangunan infrastruktur telah hadir ditengah tengah masyarakat kita," tuturnya.

Selain itu, dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, sesuai dengan slogan Pemko Pekanbaru yakni  S, Sekali Sapa Senyum, maka hubungan emosional antara pemerintah dengan masyarakat akan berjalan baik.

"Dengan slogan 3 S ini maka warga merasa terlayani dengan baik. Jadi pembangunan berkelanjutan yang sedang kita lakukan juga dihargai masyakat," tutur Zarman.  (ADV)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved