Selasa, 12/11/2019  
Rampung, RTRW Riau Beri Kepastian kepada Investor

Advetorial Pemprov Riau - - Sabtu, 30/06/2018 - 10:35:13 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Riau yang sudah rampung membuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau semakin percaya diri (PD) mengeluarkan perizinan investasi. Keberadaan RTRW ini memberi kepastian kepada calon investor.

"Dengan selesainya RTRW, tentu kita berharap tidak ada lagi keragu-raguan kita memberikan izin kepada investor," kata Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman, Kamis (28/6/18) lalu.

Gubernur menyebutkan RTRW Riau ini merupakan yang pertama di Indonesia yang sudah menginternalisasi Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS). "Ini artinya ada jaminan pemanfaatan ruang. KLHS ini akan lebih konkrit lagi di dalam kita memberikan perizinan," ujar pria yang akrab disapa Andi Rachman ini.

Dengan begitu, lanjut Andi Rachman, para investor juga akan cepat mengambil keputusan setuju atau tidak berinvestasi di daerah-daerah yang sudah dipetakan di dalam RTRW Riau tersebut.

"Kita berharap kedepannya soal perizinan tidak ada masalah lagi. Tapi RTRW Riau ini kita teruskan dulu ke kabupaten/kota untuk memperbaharui RTRW-nya," tegas Andi Rachman.

Di sisi lain, anggota Komisi IV DPRD Riau, Abdul Wahid mengatakan, dengan telah rampungnya RTRW Riau menjadi tanggungjawab Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Riau untuk menarik investor.

Seharusnya sejumlah OPD terkait bisa menyajikan menu soal peluang-peluang apa saja investasi yang ada di Riau. Karena dengan demikian, investor akan tahu, dan terpancing untuk mencari tahu ke Riau, seperti apa peluang tersebut. Jika informasi tersebut tidak sampai kepada investor, tentunya mereka tidak tahu bahwa ada peluang di Riau.

"RTRW sudah selesai, tidak ada kendala lagi. Seharusnya ada informasi khusus yang menyajikan informasi itu, sehingga setiap investor yang masuk ke Riau, bisa melihat langsung peluang yang bisa mereka garap di Riau. Sekarang coba kita lihat, apa ada selama ini tersaji menu peluang investasi di Riau," kata Wahid.

Karena itu, setiap OPD yang berkaitan dengan investasi di Riau diharapkan kreatif untuk membuat promosi ke luar, baik secara langsung ataupun penggunaan teknologi internet.

"Banyak cara kreatif yang bisa dilakukan untuk menggaet investor ke Riau. Kita tidak bisa menunggu saja. Bisa mungkin dengan cara presentase ke luar daerah, atau melalui promosi secara online," tuturnya. (sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved