Kamis, 28 Maret 2024  
Tingkatkan Investasi, Pemkab Rohul Berlakukan SIUP Seumur Hidup, Perpanjangan TDP Gratis

Advetorial Rokan Hulu - - Sabtu, 18/11/2017 - 19:52:19 WIB

PASIR PANGARAIAN, situsriau. com- Untuk meningkatkan investasi, Pemerintah kabupaten Rokan Hulu (Rohul), sudah memberlakukan kebijakan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) seumur hidup, sesuai instruski Permendag No.7/M-DAG/PER/2/2017 tentang perubahan ketiga atas Permendag No.36/M-DAG/PER/9/2007 tentang Penerbitan SIUP.

Tak hanya memberlakukan SIUP seumur hidup, Pemkab Rohul juga sudah mengratiskan pengurusan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan perpanjangan selama 5 tahun sesuai Permandag Nomor 7 Tahun 2017 tersebut.

Seperti yang diketahui, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dirinya sudah keluarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) terbaru yang mengatur penghapusan kewajiban pendaftaran ulang Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), serta Penyederhanaan prosedur dan penghapusan kewajiban biaya administrasi pembaruan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Kedua Permendag baru tersebut memberi jaminan kemudahan berusaha bagi pelaku usaha di bidang perdagangan.

SIUP adalah bentuk perizinan perdagangan yang wajib dimiliki setiap pelaku usaha yang melakukan kegiatan usaha perdagangan. Sedangkan TDP merupakan surat tanda pengesahan yang diberikan kepada perusahaan setelah mendaftarkan perusahaannya.

Penerbitan SIUP dan TDP, sudah didelegasikan ke kantor pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) di kabupaten/kota. Pelaku usaha yang telah memiliki SIUP tidak perlu lagi melakukan pendaftaran ulang karena siup berlaku selama perusahaan perdagangan menjalankan kegiatan usaha di bidang perdagangan.

"Pemberlakukan Siup Seumur Hidup Sudah Diterapkan Sejak 1 April 2017. Sementara pengratisan TDP dan perpanjanganya memang dari awal sudah digratiskan oleh Pemkab Rohul," kata Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Rokan Hulu Ridarmanto Kamis, (16/11/2017).

Walaupun pemberlakuan SIUP seumur hidup, namun Pemkab Rohul melalui instansi tekhnis juga akan terus melakukan pemantauan terhadap usaha yang yang terdaftar. Jika nantinya didapati ada perusahaan yang memiliki siup tak lagi berusaha, maka Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu akan memproses pencabutan izinnya.

Kata Ridarmanto mengakui,  selain kebijakan SIUP seumur hidup, Pemkab Rohul juga sudah tidak mengeluarkan izin gangguan atau HO sejak awal 2017 lalu.  menrutnya kebijakan SIUP seumur Hidup dan biaya Rp.0 rupiah untuk perpanjangan TDP 5 tahun tidak berpangruh signifikan terhadap PAD rohul, karena dari awal Pemkab memang mengratiskan pengursan SIUP dan TDP.

"Namun untuk HO memang kita cukup rasakan dampaknya terhadap PAD, karena untuk tahun 2017 ini saja, retribusi dari izin gangguan itu berkisar 1.6 miliar, artinya itu tidak dapat kita pungut karena sudah dihapuskan," imbaunya. (advertorial)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved