Jum'at, 25 Juli 2014  
Pengerjaan Fisik Capai 80%
Bupati Rohul Optismis Bandara Pasir Pengaraian Beroperasi Tahun Ini

Advetorial Rokan Hulu - MARDISNA - Jumat, 01/02/2013 - 18:32:04 WIB

ROKAN HULU, situsriau.com- Tekad Bupati Rokan Hulu (Rohul) Drs. Achmad, MSi menjadikan 'Rokan Hulu terbaik 2016 di Provinsi Riau, berbagai program pembangunan terus dipacu.  Program nyata yang diaktualisasikan dalam pembangunan berbagai bidang, menjadikan kepemimpinan Achmad jauh dari retorika belaka.

Salah satu aktualisasi pembangunan yang akan mengangkat marwah "Negeri Seribu Suluk" ini, tekad pengoperasian Bandara Tuanku Tambusai Pasir Pangaraian dalam tahun 2013 ini.
 
Ibarat mata air yang tak pernah kering,  ide-ide cemerlang selalu terbersit dalam gerak langkah Achmad dalam mereflekasikan program pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat. Niatnya tentulah khlas memnawa masyarakat Rohul lebih sejahtera lagi. 
 
Terkait keberadaan Bandara Tuanku Tambusai ini, tentulah banyak hal posisif yang bisa didapatkan. Mulai dari penataan infrastruktur yang juga akan dimanfaatkan  masyarakat sekitar, keberadannya juga akan memberikan akses jalur udara bagi investor yang masuk ke Rohul.

Hal yang terpenting, masyarakat sekitar baik secara langsung maupun tidak akan merasakan perubahan pada peningkatan strata ekonomi. "Paling tidak nilai jual tanah maupun produk masyarakat sekitar bisa menunjukkan grafik kenaikan," ungkap Achmad.
 
Saat ini, infrastruktur Bandara Tuanku Tambusai hampir rampung 80 persen. Hal ini juga diketahui saat kunjungan Bupati Rohul Drs. Achamd, MSi di lokasi pengembangan bandara. Dalam kunjungan kapangannya, Achmag juga mengingatkan kontraktor dan PPATK serta instansi terkait akan fungsional bandara, termasuk kesiapan fasilitas dan pra-sarananya antra lain, ruang tunggu, pembuatan AC, areal parkir, WC, kebersihan dan lainnya.
 
Melihat kondisi saat ini, Bupati Rohul, masih punya mimpi baru, kemudian semakin optimis jika bandara ini bisa aktif dan memberikan kontribusi buat daerah dan masyarakat Rohul di Tahun 2013 ini, baik operasi konteks regular dan bisnis maupun peningkatan  ekonomi masyarakat. 
 
Meskipun begitu berbgai infrastruktur utama bandara, baik dananya bersumber anggaran APBN maupun APBD Rohul, seperti Menara Pemantau, Landasan Pacu, Parkir Pesawat, Elektrikal Bandara, Area Parkir, Terminal, Landscape Pertamanan serta fasilitas keamanan bandara tinggal menyelesaikan finishing di beberapa sisi bandara.
 
Namun meski demikian secara fisik bandara telah menjadi icon Kabupaten Rohul tersebut telah dapat digunakan melayani perbangan perintis jalur penerbangan
Japura Rengat, Bandara Silangit Provinsi Sumatera Utara, bahkan untuk pelaksanaan pengangkutan kegiatan jamaaah haji asal Rohul.
 
Menurut Bupati  Rohul selain akan difungsikan secara reguler dan bisnis, bandara Tuanku Tambusai, nantinya juga direncanakan melayani pengunjung MTQ ke 32 akan datang menggunakan jalur tranportasi udara, sedangkan kerja sama keloktif terbuka bagi semua investor dalam mengelola baikdalam konteks run way  poker 100 dan lainnya.
 

Meski saat ini bandara menjadi salah satu jalur perintis Japura rengat tersebut telah mulai melayani penerbangan perintis rute Pasir Pangaraian-Silangit, terbatasnya rute serta minimnya maskapai penerbangan perintis menyebabkan rute tersebut, kurang dilirik masyarakat untuk itu pemerintah daerah  tengah melakukan evaluasi serta kajian beberapa rute dinilai potensial untuk dikembangkan.

Optimisme Bupati  Rohul dengan dibukanya bandara secara reguler dan bisnis agar bisa memberi kemudahan bagi masyarakat pendatang sehingga  membuka peluang investasi, tentu saja mempercepat pembangunan di Kabupaten Rohul, karena di Rohul untuk buruh saja itu jumlah lebih dari 60 ribu, belum kalangan pajabat birokrat dan masyarakat umum.
 
Full up persiapan Bandara Tuanku Tambusai baik dalam infrastruktur  maupun opersional manajerial, rencana  tahun ini akan Bupati Rohul akan melakukan ekspos di Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub-RI), komukasi awal antara  Pemkab Rohul sudah terbentuk  secara konstruktif  mereka menyambutnya secara responsif

Diterangkan Bupati Rohul, landasan pacu Bandara Tuanku Tambusai sepanjang 1350 Meter, dinilai cukup efektif untuk pesawat  baik jenis poker dan lainnya, tahun ini selain adanya nilai evaluasinya, baru-baru ini shusi air sudah mendaftar secara administratib, begitu juga dengan Merpati.
 
"Kita welcome saja terhadap investor yang berniat investasi di Rohul, asal memang memberikan peningkatan ekonomi masyarakat," sebutnya Achmad. (pal/adv/hms)

(0) Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

Redaksi | Email
Copyright 2012 CV. UKA MANDIRI, All Rights Reserved