Jum'at, 18 09 2020  
Lingkungan / BPTP Siagakan Pesawat TMC di Riau, Bulan Ini Intensif Bikin Hujan Buatan
BPTP Siagakan Pesawat TMC di Riau, Bulan Ini Intensif Bikin Hujan Buatan

Lingkungan - - Jumat, 10/07/2020 - 19:58:04 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Badan Pengkajian dan Penerapan Tekhnologi (BPTP) sudah siapkan tiga pesawat guna melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di lima wilayah Sumatera dan Kalimantan. 

Untuk Sumatera yakni daerah Riau, Jambi dan Sumatera Selatan. Khusus untuk Riau, TMC akan diintensifkan bulan ini. Sebelum memasuki Agustus mendatang, curah hujan di Riau diperkirakan tinggi. 

"Untuk pesawat TMC, kita masih bekerja sama dengan TNI-AU. Terakhir koordinasi dengan 26 Juli, sudah disiapkan tiga pesawat untuk mengcover ditiga wilayah (di Sumatera) sekaligus," kata Kepala Bagian Umum Balai Besar Tekhnologi Modifikasi Cuaca (BBTMC BPPT) Jon Arifian, usai Rakor Peningkatan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Karhutla di Hotel Pangeran, Kamis (9/7/20).

Menurut Jon Arifian, sebelumnya Gubernur Riau H Syamsuar juga sudah berkirim surat yang ditujukan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPBD) pada 7 Juli lalu. 

"Pak Gubernur sudah berkirim surat, pesawat  TMC juga sudah disiapkan, tinggal BNPB lagi, kapan waktunya, yang jelas Juli ini sudah pas potensi awan hujan juga banyak," papar Jon Arifian.(sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved