Kamis, 28 Maret 2024  
Lingkungan / Duh, Banjir Rohul Rendam 141 Hektare Lahan Pertanian
Duh, Banjir Rohul Rendam 141 Hektare Lahan Pertanian

Lingkungan - - Jumat, 29/11/2019 - 16:22:58 WIB

PASIR PENGARAIAN, situsriau.com - Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (DTPHK) Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, melakukan pendataan terhadap lahan pertanian pasca terjadinya musibah banjir beberapa waktu lalu, di sejumlah kecamatan di Rokan Hulu.

Dari pendataan yang dilakukan petugas Pengamat Hama dan Penyakit Penyuluh Pertanian Lapangan, per tanggal 28 November 2019, lahan pertanian yang terdampak banjir seluas 141 hektare, dimana 7 hektare lahan diantaranya mengalami Puso atau gagal panen.

Kepala Dinas TPHK Rohul Mubrizal SP M.Ma, Jumat (29/11/19) mengatakan lahan pertanian yang terdampak banjir tersebar di 7 kecamatan. Banjir tidak hanya merendam tanaman padi, namun juga Komoditas pertanian lain seperti jagung, cabai, kacang panjang, gambas, pare dan jeruk.

Di Kecamatan Rokan IV Koto, banjir merendam 2 hektare lahan padi gogo dan 3 ha lahan padi sawah, dimana 1 hektare diantaranya mengalami Puso atau gagal panen.

Di Kecamatan Kunto Darusalam, banjir merendam 30 ha lahan padi gogo, 5 ha Jagung, 2 Ha lahan kacang panjang, 3 ha kebun pare, 2 ha kebun gambas dan 5 ha lahan tanaman cabai dimana 3 ha dilaporkan puso atau gagal panen.

Kemudian, di Kecamatan Pagaran Tapah, banjir turut merendam 20 ha tanaman jeruk, 1 ha tanaman kacang panjang, 1 ha tanaman gambas dan 6 ha lahan tanaman cabai, dimana 3 ha diantaranta mengalami puso.

“Sementara di Kecamatan Bangun Purba, banjir merendam 8 ha tanaman padi sawah dan 2 ha tanaman cabai,” jelas Mubrizal, kata cakaplah.

Selanjutnya, kecamatan lain yang dilanda banjir adalah kecamatan Rambah, dimana di kecamatan ini banjir merendam 26 ha tanaman padi gogo dan 2 ha tanaman jagung.

Sementara di Kecamatan Rambah Hilir, banjir dilaporkan telah merendam 7 ha tanaman padi gogo dan di Kecamatan Kepenuhan banjir merendam 5 ha tanaman jagung.

“Untuk lahan yang terdampak banjir dan mengalami Puso, kami akan mengupayakan bantuan dari Dinas TPHK Provinsi Riau bantuan Bibit dari Cadangan Bibit nasional,” pungkasnya. (sr5, ck)




Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved