Kamis, 25 April 2024  
Otonomi / BI Gelar Capacity Building Guna Meningkatkan Kualitas kinerja TPID Riau
BI Gelar Capacity Building Guna Meningkatkan Kualitas kinerja TPID Riau

Otonomi - Nabila D.A - Rabu, 04/12/2019 - 15:46:11 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia
Provinsi Riau menggelar Capacity Building Tata Cara Pelaporan TPID
Se-Provinsi Riau, Selasa (3/12/19). Kegiatan dihadiri perwakilan TPID di
12 (dua belas) Kabupaten/Kota dan TPID Provinsi Riau.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Decymus dengan narasumber dari Kantor Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian Jakarta. Dalam sambutannya Decymus menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendorong peningkatan kualitas kinerja TPID ke depan.

Menurut Decymus, sekretariat dan Pokja Daerah Tim Pengendalian Inflasi Pusat telah menyelenggarakan Evaluasi Kinerja Tahunan TPID Tahun 2018 berdasarkan asesmen atas seluruh dokumen evaluasi kinerja yang telah mereka terima.

"Asesmen tersebut dilakukan atas beberapa aspek. Aspek Proses, yang mencerminkan upaya dalam pengendalian inflasi daerah dan l-hal terkait yang bersifat administratif, Aspek Output, yang mencakup program unggulan TPID, Aspek Outcome (realisasi dan volatilitas inflasi) yang mencerminkan hasil dari upaya daerah dalam melakukan koordinasi pengendalian inflasi. Dari ketiga asesmen tersebut, aspek proses menjadi salah satu aspek yang perlu didorong TPID Riau. Oleh sebab itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau menginisiasi pelaksanaan Capacity Building ini agar kualitas dan tata cara pelaporan kinerja TPID Riau ke depannya menjadi lebih baik lagi," terangnya.

Kepala Bidang Moneter Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Puji Gunawan dalam paparannya, menyampaikan kriteria evaluasi kinerja TPID, evaluasi kinerja TPID Se-Riau 2018, cakupan isi laporan rutin triwulanan TPID, simulasi tata cara pelaporan serta aspek dan komponen laporan yang masih perlu ditingkatkan dan dilakukan perbaikan agar dapat menghasilkan laporan yang komprehensif.

"Para peserta juga didorong untuk melaporkan kegiatan yang dilakukan dengan dengan tepat waktu," katanya.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau berharap agar kegiatan ini dapat diikuti dengan sebaik-baiknya sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal pada saat dilakukan penilaian TPID terbaik.*(rt)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved